100 Tahun PKC, Xi Jinping Janjikan Taiwan Kembali ke Pangkuan China

- 2 Juli 2021, 10:43 WIB
Perayaan 100 tahun Partai Komunias China yang jadi momentum janji Presiden Xi Jinping untuk menyatukan Taiwan ke daratan China.
Perayaan 100 tahun Partai Komunias China yang jadi momentum janji Presiden Xi Jinping untuk menyatukan Taiwan ke daratan China. /REUTERS/Carlos Garcia Rawlins/REUTERS

INDOBALINEWS – Taiwan bakal dikembalikan ke pangkuan China. Inilah janji Presiden China Xi Jinping saat ulang tahun ke-100 Partai Komunis Cihna (PKC), kamis 1 Juli 2021.

Sikap keras untuk untuk menyelesaikan "penyatuan kembali" Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri itu juga dibarengi dengan janji untuk "menghancurkan" setiap upaya kemerdekaan formal untuk pulau itu.

China menganggap Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai bagian dari wilayahnya.

Baca Juga: Presiden Xi Jinping: Kami Tidak Akan Biarkan Siapa pun Menggertak atau Menaklukkan China

China di bawah kepemimpinan Xi Jinping menegaskan klaim kedaulatannya terhadap Taiwan, termasuk dengan mengirim jet tempur dan pembom ke dekat pulau itu secara teratur.

"Memecahkan pertanyaan Taiwan dan mewujudkan penyatuan kembali tanah air adalah tugas sejarah yang tak tergoyahkan dari Partai Komunis China dan aspirasi bersama semua rakyat China," kata Xi dalam pidatonya dari Lapangan Tiananmen Beijing, dikutip dari Antara.

"Semua putra dan putri China, termasuk rekan senegaranya di kedua sisi Selat Taiwan, harus bekerja sama dan bergerak maju dalam solidaritas, dengan tegas menghancurkan setiap plot-plot untuk 'kemerdekaan Taiwan'," ujar Xi.

Kendatipun China tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya, Xi menyerukan proses "penyatuan kembali secara damai".

Baca Juga: Laut Natuna Memanas Lagi, Citra Satelit Ungkap China Bangun Pangkalan Militer

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah