Lukas Enembe Ditahan, Kapolda Papua Apresiasi Masyarakat Jaga Suasana Kondusif

- 11 Januari 2023, 22:23 WIB
Lukas Enembe ditahan KPK pada hari ini Rabu, 11 Januari 2023.
Lukas Enembe ditahan KPK pada hari ini Rabu, 11 Januari 2023. /Pikiran Rakyat/Amir Faisol/

INDOBALINEWS - Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K mengapresiasi seluruh masyarakat yang dapat menjaga keamanan serta situasi yang kondusif di Papua terkhusus di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, menyusul ditangkapnya Gubernur Papua Luka Enembe.

Ia menjelaskan, dalam penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK RI terhadap Lukas Enembe tersebut, peran Polda Papua tentunya memberikan pengawalan dan pengamanan selama proses eksekusi tersebut hingga berhasil diterbangkan ke Jakarta untuk diproses lebih lanjut.

“Kita ketahui bersama bahwa kemarin dengan adanya penangkapan tersebut, ada beberapa insiden yang dilakukan oleh masyarakat mulai dari pelemparan batu hingga bentrok yang terjadi dengan maksud menolak penegakan hukum yang dilakukan oleh Bapak Lukas Enembe tersebut,” ucap Kapolda yang didampingin oleh Kabid TIK Polda Papua Kombes Pol I Gusti Gde Era Adhinata, S.I.K dan Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra S.I.K., M.H.

Baca Juga: PSIS Semarang Terus Dirundung Prahara, Andrew Gillan Dicoret, Achmad Rezal Mundur

Akibat daripada itu, terdapat 19 orang yang diamankan oleh Pihak Kepolisian yang diantaranya 2 di Polresta Jayapura Kota dan 17 di Polres Jayapura untuk dimintai keterangannya atas aksi yang dilakukan.

“Kami juga ketahui bahwa terdapat beberapa korban yakni 1 korban Meninggal Dunia dan 6 orang luka. Terkait hal itu juga saya selaku Kapolda Papua telah memerintahkan Kabid Propam untuk menyelidiki SOP penanganan yang dilakukan aparat hingga menyebabkan korban dan apabila terbukti bersalah dapat kami lakukan proses hukum kepada yang bersangkutan,” jelas Kapolda dikutip dari laman resmi humas.polri.go.id.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bali

Irjen Pol. Mathius Fakhiri juga menyebutkan, pihaknya juga telah menggandeng para Tokoh untuk selalu mengawal masyarakat agar tidak memberikan informasi-informasi yang membuat kegaduhan di Tanah Papua.

“Mari kita hargai penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK sehingga berjalan dengan baik, untuk itu mari kita bersama-sama membangun komunikasi untuk mewujudkan Papua Tanah Damai dan saya yakin tindakan yag kita sudah ambil dapat menghilangkan isu-isu yang beredar,” tuturnya. ***

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: humas.polri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x