Jokowi Mau Gubernur BI Sekarang Perry Warjiyo Terpilih Lagi

- 22 Februari 2023, 21:27 WIB
Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) Said Abdullah. (ANTARA/HO-Banggar DPR RI)
Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) Said Abdullah. (ANTARA/HO-Banggar DPR RI) /Antaranews

 

IndoBaliNews  - Masa jabatan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (2018-2023) akan habis tahun ini.

Untuk itu Presiden Joko Widodo akan mengajukan nama calon baru Gubernur BI kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan.

Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) Said Abdullah mengatakan, Presiden Joko Widodo mengusulkan Perry Warjiyo kembali sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2023-2028.

Sebelumnya beberapa nama sudah beredar di masyarakat terkait pengganti Perry Warjiyo yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Purbaya Yudhi Sadewa, Mahendra Siregar dan Perry Warjiyo sendiri.

"Kami perlu mengamankan kebijakan Presiden ini, sebab kami bagian dari kekuatan politik yang mendukung pemerintah," kata Said dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu, 22 Februari 2023.

Namun siapapun yang akan menjadi Gubernur BI ke depan, ia mengatakan sosok tersebut harus sudah membangun ikatan kuat dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Syarat ini penting sebab saat ini dan ke depan Indonesia menghadapi tantangan ekonomi yang tidak mudah. Ekonomi global diprediksikan masih akan sulit dan Indonesia secara khusus juga menghadapi tahun politik, sehingga dibutuhkan Gubernur BI yang bisa memastikan ekonomi domestik tetap tumbuh berkelanjutan, jelas Said.

"Peran ini telah dijalankan dengan baik oleh Gubernur BI saat ini," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x