Kanker Pembunuh Tertinggi di Asia, 400 Perawat Kanker Asia Bertemu di Bali

- 3 Agustus 2023, 08:50 WIB
Asian Oncology Nursing Society Conference ke 6 di Bali, Indonesia pada 2-4 Agustus 2023 di Kuta Bali
Asian Oncology Nursing Society Conference ke 6 di Bali, Indonesia pada 2-4 Agustus 2023 di Kuta Bali /IndoBaliNews saifullah

IndoBaliNews - Kanker adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Menurut Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, 2021, dilaporkan bahwa kematian akibat kanker sebanyak 10 juta dari 19,3 juta kematian di dunia.

Dimana 49% dari semua kasus kanker dan 58,3% kematian akibat kanker diperkirakan terjadi di Asia. Hal ini terungkap dalam Asian Oncology Nursing Society Conference ke 6 yang berlangsung di hotel Patra Kuta, Bali.

Baca Juga: Peringati Hari Kanker Anak Sedunia, Yili Bagikan Berbagi Kebahagian Dengan Menyediakan Ice Cream Gratis

Pada tahun ini, Indonesian Oncology Nurses Association (IONA) dipercaya sebagai tuan rumah oleh Asian Oncology Nursing Society (AONS) yang mewadahi perawat kanker di tingkat Asia, untuk mengadakan Asian Oncology Nursing Society Conference ke 6 di Bali, Indonesia pada 2-4 Agustus 2023.

“Angka penderita kanker di Asia semakin meningkat dan tanggung jawab serta lingkup praktik perawat onkologi semakin meluas. AONS diselenggarakan sejak 2012 untuk mendorong perawat onkologi meningkatkan kualitas asuhan keperawatan kanker di seluruh dunia khususnya Asia. Saya berharap konfrensi AONS ke-6 ini menjadi kesempatan untuk bersinergi untuk mengatasi tantangan-tantangan global khususnya dalam penanganan kanker di Asia saat ini” Ujar Eunice Suh selaku Presiden AONS.

Baca Juga: Seputar Kanker: Wanita yang Suka Sex Bebas atau Jorok di Bagian Vital, Berisiko Tinggi Terkena Kanker Serviks
AONS 2023 yang dilaksanakan secara hybrid selama 3 hari dihadiri oleh 400, peserta dengan latar belakang, dari perawat kanker klinis di rumah sakit, peneliti, dosen, serta mahasiswa dari berbagai kawasan ASIA dan dunia.menghadirkan serta 6 bidang workshop, serta 200 abstrak oral dan poster presentasi,

“Perawat memegang peran penting dalam hubungan perawat – pasien baik fisik maupun psyco-socio-spiritual. Merekalah yang paling dekat dengan pasien selama 234 jam dalam memberikan asuhan keperawatan untuk pasien kanker dalam jangka panjang, terutama ketika pasien membutuhkan bantuan kebutuhan terkait dengan penyakit yang diderita.

Kami mengadakan konfrensi ini secara hybrid dengan tujuan agar mudah di akses dan untuk memfasilitasi pertemuan yang berkualitas ini” bagi perawat diseluruh NKRI khususnya dan bagi perawat overseas pada umumnya, Terang Dr. Kemala Rita Wahidi selaku Chair of the conference dan IONA past Presiden .

“Konfrensi ini diharapkan dapat menjadi jembatan pertemuan para ahli keperawatan onkologi dari seluruh duninia , khususnya di Asian dan Asean untuk dapat saling berbagi ilmu dan peengalaman dalam perawatan khususnya terhadap pasien kanker, dan juga dalam bidang penelitian keperawatan kanker dalam upaya peningkatan kualitas hidup pasien kanker.

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x