Kebakaran Museum Nasional, Tak Ada Korban Jiwa dan Api Hanya Terisolasi di Belakang Gedung A

- 17 September 2023, 05:46 WIB
Tangkapan layar situasi kebakaran di Museum Nasional atau Museum Gajah yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (ANTARA/Humas JakFire)
Tangkapan layar situasi kebakaran di Museum Nasional atau Museum Gajah yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (ANTARA/Humas JakFire) /ANTARA/Humas JakFire

 

INDOBALINEWS - Kebakaran Museum Nasional yang terjadi Sabtu 16 September 2023 malam tak menimbukan korban jiwa maupun luka-luka. Api berhasil diisolasi petugas pemadam kebakaran hanya berada di belakang Gedung A.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim usai mengecek kondisi pasca kebakaran. Nadiem daam kesempatan itu mengapresiasi gerak cepat kepolisian mengatasi kebakaran di Museum Nasional yang berlokasi di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Nadiem menyampaikan berkat gerak cepat petugas, api tak menyebar ke gedung lainnya dalam kompleks musem dan hanya terisolasi di Gedung A, titik dimana api berasal.

Baca Juga: Tampil di Piala Dunia U 17 2023, Bepe Semangati Tim Garuda Muda untuk Jadi yang Terbaik

Dikatakan Nadiem hal itu berkat gerak cepat petugas meski sebenarnya potensi api sebenarnya bisa menyebar ke gedung-gedung lain, tetapi berhasil diberhentikan secara strategis dan langsung padam.

"Apresiasi saya yang terbesar, baik itu pada aparat kepolisian, dan tentunya dari aparat pemadam kebakaran yang juga luar biasa cepat hadir dan berhasil mengisolasi api hanya di belakang Gedung A," ujar Nadiem saat memberikan keterangan kepada media di Jakarta, Minggu dini hari 17 September 2023 dilansir Antara.

Baca Juga: Sinopsis Film Horor Indonesia Terbaru, Aku Tahu Kapan Kamu Mati 2, Sudah Tayang di Bioskop

Ia menyampaikan, potensi api sebenarnya bisa menyebar ke gedung-gedung lain, tetapi berhasil diberhentikan secara strategis dan langsung padam.

"Yang terpenting alhamdulilah, tidak ada sama sekali dilaporkan ada korban luka maupun jiwa sampai saat ini. Saya sampai (sekitar pukul 23.15 WIB) tadi sudah padam apinya," ucapnya.

Nadiem juga mengutarakan bahwa penyelamatan artefak dan benda-benda bersejarah menjadi prioritas utama saat ini.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah