Fenomena Cuaca Panas Terik Diprediksi Masih Berlangsung hingga Oktober 2023, Begini Penjelasannya

- 1 Oktober 2023, 10:08 WIB
Ilustrasi panas ekstrim
Ilustrasi panas ekstrim /Pixabay/jplenio/

INDOBALINEWS - Sepekan terakhir sebagian wilayah Indonesia mengalami fenomena suhu panas yang cukup terik pada siang hari, termasuk Bali. Khusus di bali cuaca panas diprediksi akan menurun di hari ini Minggu 1 Oktober hingga Senin 2 Oktober 2023, di seluruh wilayah Bali akan cerah berawan dengan suhu 23-31 drajat Celcius dengan kelembaban 60 hingga 95 persen.

Suhu tertinggi akan dialami oleh Kota Denpasar yang mencapai 32 drajat Celcius dengan kelembaban tertinggi hingga 95 persen hingga Senin 2 Oktober 2023.

Sementara itu berdasarkan data hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum terukur selama periode tanggal 22 – 29 September 2023 di beberapa wilayah Indonesia terjadi cukup tinggi dengan kisaran suhu antara 35 - 38.0 °C pada siang hari.

Baca Juga: Badan Bahasa Kemendikbudristek Bantah Klaim Literasi Warganet Rendah, 'Data Perlu Dikritisi'

"Dimana suhu maksimum tertinggi selama periode tersebut ada yang mencapai hingga 38.0 °C yang terukur di Kantor Stasiun Klimatologi Semarang - Jawa Tengah pada tanggal 25 dan 29 September 2023, serta di Stasiun Meteorologi Kertajati, Majalengka - Jawa Barat pada tanggal 28 September 2023," demikian disampaikan Deputi Bidang Meteorologi
Guswanto di web resmi www.bmkg.go.id.

Sementara itu suhu maksimum terukur di wilayah Jabodetabek berada pada kisaran 35.0 - 37.5 °C, dimana suhu maksimum hingga 37.5 °C terukur di wilayah Tangerang Selatan pada tanggal 29 September 2023.

Baca Juga: Asian Games Hangzhou: Zohri Minta Maaf Belum Bisa Jadi Terbaik

Secara umum, fenomena suhu panas terik tersebut terjadi karena dipicu oleh beberapa kondisi dinamika atmosfer sebagai berikut;

Saat ini kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia terutama di Jawa hingga Nusa Tenggara (termasuk Jabodetabek) didominasi oleh kondisi cuaca yang cerah dan sangat minimnya tingkat pertumbuhan awan terutama pada siang hari.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: bmkg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x