Kecelakaan Pesawat Tempur Super Tucano, Flight Data Recorder Masih Belum Ditemukan

- 17 November 2023, 18:15 WIB
Jenazah empat prajurit TNI AU korban kecelakaan pesawat tempur Super Tucano disemayamkan di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang
Jenazah empat prajurit TNI AU korban kecelakaan pesawat tempur Super Tucano disemayamkan di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang /Instagram/@militer.udara

INDOBALINEWS - Peristiwa kecelakaan pesawat tempur Super Tucano yang jatuh di Pasuruan masih diselidiki oleh Tim investigasi yang dibentuk TNI Angkatan Udara pada Jumat 17 November 2023.

Tim investigasi, menurut Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati masih memfokuskan pada pencarian  Flight Data Recorder (FDR) atau perekam data penerbangan dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano itu.

Saat ini tim investigasi sudah mencapai lokasi jatuhnya dua pesawat yang menewaskan 4 prajurit TNI AU itu.

Baca Juga: Timnas Indonesia 'Dibantai' Irak 1-5, Ini Kata Shin Tae-yong

"Saat ini tim investigasi sudah mencapai di tempat sasaran sedang mengumpulkan data-data terkait dengan kecelakaan, mengamankan barang-barang yang merupakan alat investigasi, dan akan mengamankan Flight Data Recorder pesawat," kata Agung.

Agung menjelaskan pihaknya masih belum bisa memastikan apakah FDR dua pesawat dengan nomor ekor TT-3111 dan TT-3103 tersebut sudah diamankan Tim Investigasi TNI AU. Namun, dengan kondisi bangkai pesawat yang relatif utuh besar kemungkinan FDR ditemukan.

Selain berupaya mengamankan FDR, katanya, tim investigasi akan mengumpulkan bukti-bukti pendukung lain, seperti jarak jatuh badan pesawat dengan serpihan-serpihan di lokasi kejadian.

Baca Juga: Peserta Pemberdayaan Masyarakat di Pencarian dan Pertolongan Lakukan Simulasi Hadapi Erupsi Gunung Api Agung

"Dari foto yang dikirim tadi pagi (tim) sudah sampai di tempat, dan mestinya kalau pesawatnya masih utuh saya kira masih (FDR) ada, masih didapat. Namun saya belum bisa mengklarifikasi apakah sudah diambil atau belum," katanya dilansir dari Antara.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah