Golkar dan PAN Dukung Prabowo: Pengamat Ungkap Peran Jokowi, Posisi Prabowo Akan Menguat

- 13 Agustus 2023, 18:55 WIB
Bacapres Prabowo Subianto.
Bacapres Prabowo Subianto. /Antara/Mohammad Ayudha/


INDOBALINEWS - Menyusul deklarasi 4 partai politik untuk mendukung Prabowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) dalam Pemilu 2024, termasuk PAN dan Golkar, sejumlah analisa mengemuka.

Termasuk adanya peran penting Presiden Jokowi di balik layar dukungan ini terutama PAN dan Golkar.

Seperti yang diungkapkan oleh pengamat politik dari Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo yang menyebut kemungkinan telah ada pembicaraan pihak pihak terkait sebelum deklarasi ini dilakukan.

Baca Juga: Saat Erick Thohir Bicara 'Cinta dan Restu'

"Saya kira kemungkinan telah ada pembicaraan yang melibatkan peran Pak Jokowi di balik keputusan itu," kata pria yang akrab disapa Sukowi itu kepada wartawan di Surabaya, Minggu 13 Agustus 2023 dilansir dari Antara.

Sukowi juga menjelaskan jika merujuk hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, koalisi Gerindra, Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PAN merupakan koalisi terbesar pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga: 4 Parpol Deklarasi Dukung Bacapres Prabowo, Yakin Indonesia Bakal Jadi Negara Maju

Jumlah perolehan suaranya jika digabung mencapai sekitar 41,41 persen. Belum lagi ditambah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebanyak 1,89 persen.

"Dibanding koalisi yang memajukan bakal capres Anies Baswedan dan PDIP yang menjagokan Ganjar Pranowo, ini koalisi paling besar. Artinya, posisi Pak Prabowo akan semakin menguat," tambahnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x