Rakernas V PDIP: 'Pidato Megawati Belum Cerminkan Sikap Politik PDIP 5 Tahun Kedepan'

- 25 Mei 2024, 07:05 WIB
Megawati Soekarnoputri.
Megawati Soekarnoputri. /pandapotans/antara

INDOBALINEWS - Arah pidato presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekatnoputri pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan belum mencerminkan sikap politik partai tersebut untuk lima tahun ke depan.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia Igor Dirgantara menilai pernyataan-pernyataan Megawawi belum tentu menentukan partai ini untuk menjadi oposisi pemerintahan 5 tahun ke depan.

Igor Dirgantara menilai arah pidato presiden ke-5 Republik Indonesia itu lebih condong merespons atau mengkritisi jalannya pemerintahan yang saat ini terselenggara. Sementara itu, pemerintahan Prabowo Subianto baru terbentuk pada bulan Oktober mendatang.

Baca Juga: Delegasi WWF asal Korsel Ditemukan Meninggal Dunia di Kamar Hotel, Begini Kronologinya

"Sudah jelas tidak menentukan posisi PDI Perjuangan itu oposisi atau enggak, belum. Jadi, jawabannya itu belum tentu," kata Igor saat dihubungi di Jakarta, Jumat 24 Mei 2024.

Menurut dia, potensi PDI Perjuangan menjadi oposisi pun masih ada. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan partai itu bisa bergabung dengan pemerintahan.

Igor mengatakan bahwa partai ini akan lebih tegas menentukan posisinya pada Kongres PDI Perjuangan mendatang.

Terlebih lagi, lanjut dia, hubungan Megawati dan Prabowo sejauh ini tidak ada permasalahan. Selain itu, Prabowo pun saat ini mengusung agenda rekonsiliasi demi persatuan nasional.

Baca Juga: Sangha Mahayana Indonesia Gelar Prosesi Waisak 2568 BE/2024 di Candi Sojiwan

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah