15 Alternatif Penyedap Alami Pengganti MSG untuk Makanan Pengganti ASI yang Bisa Dicoba!

- 4 November 2023, 13:39 WIB
manfaat daun seledri turunkan tekanan darah tinggi menurut dr Zaidul Akbar.
manfaat daun seledri turunkan tekanan darah tinggi menurut dr Zaidul Akbar. /Pixabay

 

INDOBALINEWS - Penyedap alami pengganti MSG digunakan untuk menjaga rasa makanan MPASI yang lezat tanpa menggunakan Monosodium Glutamate (MSG). Meskipun MSG dianggap aman oleh WHO dan FAO, beberapa orang mungkin tidak cocok dengannya atau memilih tak memakainya dengan berbagai pertimbangan.

Bagi yang menghindari penyedap, banyak alternatif bahan lain untuk menggantikannya. Penggunaan penyedap alami memiliki beberapa manfaat, termasuk menghasilkan rasa umami pada makanan. Terutama penting untuk anak di bawah 12 bulan yang tidak boleh mengonsumsi garam, gula, atau kaldu jamur.

Penyedap alami juga bisa meningkatkan aroma masakan sebab penyedap alami memberikan aroma yang berbeda dan menggugah selera.

Baca Juga: Cantik Modal Kunyit Doang Coba Ini!

Pun, penyedap alami cenderung lebih aman dan sehat daripada MSG, tidak menyebabkan reaksi alergi, dan lebih baik untuk tubuh. Ditambah faktor mudah didapatkan di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket.  Tak kalah penting adalah harganya terjangkau, membuat masakan lebih enak tanpa perlu biaya besar.

Beberapa jenis penyedap alami pengganti MSG yaitu:

1. jamur
2. bawang-bawangan
3. daun bawang
4. seledri
5. rosemari

Baca Juga: Link Live Streaming Persikabo 1973 vs RANS Nusantara, Nonton Gratis BRI Liga 1 di Sini

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Ibupedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x