Menyinkronkan Ritme Sirkadian Otak dan Otot Bisa Perlambat Penuaan Lho!  

- 9 Mei 2024, 10:29 WIB
Ilustrasi bangun tidur.
Ilustrasi bangun tidur. /Pexels/Miriam Alonso/

 

 

INDOBALINEWS – Studi baru menyebut menyinkronkan ritme sirkadian otak dan otot bisa memperlambat penuaan. Hal ini merupakan resep untuk penuaan dini lho!

Komunikasi yang baik antara otot dan otak Anda menjadi kunci untuk memperlambat semuanya. Di dalam otak Anda terdapat struktur kecil namun penting yang disebut nukleus suprachiasmatic (SCN).

Melansir earth.com, Kamis 9 Mei 2024, wilayah ini berfungsi sebagai jam utama tubuh Anda, memainkan peran penting dalam mengatur ritme sirkadian otak dan otot Anda. Bayangkan itu sebagai pusat kontrol yang sangat peka terhadap perubahan cahaya sepanjang hari.

Baca Juga: Teknologi Tawarkan Harapan Baru untuk Populasi Serangga yang Menurun

SCN memproses informasi cahaya ini dan menggunakannya untuk mempertahankan jadwal internal sekitar 24 jam yang mempengaruhi berbagai fungsi tubuh.

SCN tak bekerja sendirian. Ia terus-menerus berkomunikasi dengan jaringan ‘jam mini’ atau jam perifier, yang tertanam dalam berbagai organ, otot Anda, dan bahkan kulit Anda.

Sistem komunikasi rumit ini melibatkan SCN mengirimkan sinyal untuk mengkoordinasikan waktu proses esensial di seluruh tubuh Anda.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: earth.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah