Pakar: Kurangi Makan Daging Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan, Terutama bagi Pasien Sirosis

- 6 Mei 2024, 07:05 WIB
ilustrasi daging merah.
ilustrasi daging merah. /pixabay/

INDOBALINEWS - Daging termasuk kelompok pangan sumber protein hewani dengan banyak macamnya termasuk daging sapi, babi, kambing, ayam, bebek, seafood juga telur dan susu serta hasil olahannya.

Banyak manfaat dari daging, tapi bagi sebagian orang terutama penderita suatu penyakit tertentu, mengurangi makan daging bisa membantu proses penyembuhan.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Clinical and Translational Gastroenterology menunjukkan bahwa sesekali tidak makan daging bisa mendatangkan manfaat bagi penderita penyakit hati stadium lanjut seperti sirosis.

Baca Juga: Final Piala Thomas 2024: Indonesia Gagal Bawa Pulang Gelar Juara, Takluk 1-3 dari China

Menurut Dr. Jasmohan Bajaj, salah penulis studi tersebut, dalam siaran pers yang dikutip Antara dari Medical Daily pada Minggu 5 Mei 2024 perubahan pola makan dengan sesekali tak makan daging bisa memberi manfaat bagi pasien sirosis.

"Perubahan sederhana pada pola makan pasien atau mengganti beberapa bagian dari makanan tersebut dapat menjadi metode yang sederhana dan mudah dijalankan untuk mengurangi pembentukan amonia," kata Dr. Bajaj.

Ditambahkannya bahkan perubahan kecil dalam pola makan seperti sesekali makan tanpa daging dapat bermanfaat bagi hati dengan menurunkan kadar amonia yang berbahaya pada pasien sirosis. 

Selain itu aa mengatakan bahwa para peneliti perlu melakukan lebih banyak riset untuk mengetahui apakah mengonsumsi makanan tanpa daging daging tidak hanya dapat mengurangi kadar amonia, tetapi juga mencegah masalah fungsi  otak dan perkembangan penyakit hati.

Baca Juga: Info Haji 2024: Kuota Haji Sudah Terpenuhi, Jangan Tergiur Tawaran Berangkat dengan Visa Non Haji

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Medical Daily


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah