Pilwali Denpasar Bali, Jumlah Pemilih 2020 Turun

- 11 September 2020, 12:17 WIB
KPU Kota Denpasar, Kamis 10 September 2020 menggelar rapat pleno penetapan DPS dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19
KPU Kota Denpasar, Kamis 10 September 2020 menggelar rapat pleno penetapan DPS dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 /shira ade/Dok KPU Kota Denpasar

INDOBALINEWS - Jumlah pemilih dalam DPS Pilwali Denpasar 2020 menurun dibandingkan tahun 2019. Tahun 2020 ini dalam DPS ada 445.193 pemilih yang terdaftar sementara  Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019, berjumlah 464.132 pemilih.

Baca Juga: Wakapolda Bali : Pilkada Jangan Jadi Moment Kluster Baru

Menurut Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya penurunan itu karena sebagian besar pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) tidak ditemukan lagi di alamat KTP oleh PPDP saat coklit atau sudah pindah.

Ia juga mengatakan, pemutakhiran daftar pemilih (mutarlih) dilakukan sepanjang tahapan Pilkada, sehingga penetapan DPS bukan akhir dari proses mutarlih.

Baca Juga: Update Penanggulangan Covid-19 di Bali, Kamis 10 September 2020

"Tahapan mutarlih selanjutnya adalah pengumuman DPS oleh PPS di kantor desa/kelurahan dan di tempat-tempat strategis, seperti balai banjar dan tempat-tempat lainnya. Dilanjutkan dengan tanggapan dan masukan dari masyarakat untuk dilakukan perbaikan dan penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP)," ujar Wayan Arsa seperti yang dikutip indobalinews.com Jumat 11 September 2020.

Baca Juga: Demi Bartahan Hidup, Nekat Curi Sapi Malam-malam Lewat Pos Siskamling di Bali, Akhirnya...

Jumlah ini juga tertera dalam keputusan hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Denpasar 2020 yang digelar Kamis 10 September 2020.

Rapat pleno penetapan DPS dilaksanakan tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x