Dokter: Bunuh Diri Merupakan Masalah Kompleks, Begini Cara Mencegahnya

- 31 Januari 2023, 20:29 WIB
Sosialisasi pencegahan fenomena sosial bunuh diri, di Denpasar Selasa 31 Januari 2023.
Sosialisasi pencegahan fenomena sosial bunuh diri, di Denpasar Selasa 31 Januari 2023. /Dok Polresta Denpasar

INDOBALINEWS - Fenomena bunuh diri sebagai bentuk penyelesaian persoalan di masyarakat menjadi hal yang patut disayangkan. Sehingga permasalahan ini perlu mendapat perhatian dari semua pihak.

"Kebanyakan kasus bunuh diri terjadi sangat impulsif di saat-saat krisis, di mana seseorang sudah tidak sanggup lagi menghadapi persoalan di dalam hidup," ucap dr. I Gusti Rai Wiguna Sp.KJ, Selasa 31 Januari 2023 di Denpasar. 

Rai Wiguna yang menjadi narasumber dalam sosialisasi terkait fenomena bunuh diri di masyarakat oleh Dinas Kesehatan Kota Denpasar ini mengatakan, bunuh diri merupakan masalah yang kompleks.

Baca Juga: Update Ranking BWF: The Babies Melesat 4 Setrip, Marcus dan Kevin Nyungsep

Karena tidak diakibatkan oleh penyebab tunggal namun merupakan faktor biologis, genetik, psikologik, budaya dan lingkungan.

Selain itu lanjutnya, terdapat beberapa kondisi yang memungkinkan risiko seseorang ingin bunuh diri, di antaranya orang dengan gangguan mental, tekanan hidup (baik ekonomi, sosial, dan yang lainnya), dan mengalami konflik.

"Kesehatan mental menjadi hal yang penting untuk menjadi perhatian terutama kejadian bunuh diri," terangnya.

Baca Juga: Eks Pekerja Kafe yang Tengah Hamil Curi Perhiasan, Pengakuannya Bikin Miris

Dikatakan Rai Wiguna, alasan lain mengapa persoalan ini perlu dibahas karena gangguan kejiwaan hendaknya tidak disikapi dengan pandangan negatif.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x