Trend Overtourism di Bali, Avtur di Bandara Ngurah Rai Dijamin Aman

- 23 April 2024, 22:06 WIB
Ilustrasi pengisian avtur di bandara.
Ilustrasi pengisian avtur di bandara. /Dok Humas Pertamina Jatimbalinus

INDOBALINEWS - Dewan Perjalanan dan Wisata Dunia (WTTC) Bali melaporkan terjadi trend overtourism (turis berlebih) di Bali terutama pada periode Januari hingga November 2023. Hal itu diketahui berdasarkan laporan Dewan Perjalanan dan Wisata Dunia (WTTC) Bali

Mengingat saat ini terjadi trend peningkatan kunjungan wisata khususnya wisatawan mancanegara yang cukup signifikan di pulau Bali, Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus menjamin ketersediaan pasokan avtur di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali aman.

Overtourism di Bali ini menjadi perhatian juga bagi Pertamina untuk mengantisipasi kebutuhan Avtur di Bandara karena kebanyakan kedatangan wisatawan ke Bali melalui pesawat udara.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, pada Februari 2024 ada sejumlah 454.801 wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Baca Juga: Viral di Medsos Video 2 Helikopter AL Kerajaan Malaysia Bersenggolan di Udara, 10 Tewas

Untuk itu Pertamina menjaga stok avtur di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali tetap tersedia. Ini untuk memenuhi kebutuhan pesawat udara saat ini dan jelang musim puncak libur sekolah.

Konsumsi avtur harian di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencapai kisaran 2007 Kilo Liter. Distribusi avtur dipasok dari Depo Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai, di Kabupaten Badung. Penyaluran avtur dari DPPU rata-rata per hari di periode libur lebaran kemarin sebesar 2003 kiloliter per hari.

"Saat ini stok avtur di Bali mencapai 10 ribu Kiloliter. Ini dapat memenuhi hingga 5,5 hari akumulatif," jelas Manager Communication Relations dan CSR Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus Ahad Rahedi di Denpasar Selasa 23 April 2024.

Baca Juga: Piala Asia U-23: Indonesia VS Korea Selatan di Perempat Final

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x