Dukung Pengembangan Desa Ramah Anak yang Sehat dan Kreatif, Pertamina Bina FADU di Bali

- 6 Maret 2024, 07:38 WIB
Peringatan Bulan Bahasa Bali FADU diselenggarakan di Pura Puseh Desa Ulakan kerjasama antara Integrated Terminal Manggis bersama Pemerintah Desa Adat Ulakan dan Penyuluh Bahasa Bali.
Peringatan Bulan Bahasa Bali FADU diselenggarakan di Pura Puseh Desa Ulakan kerjasama antara Integrated Terminal Manggis bersama Pemerintah Desa Adat Ulakan dan Penyuluh Bahasa Bali. /Dok Humas Pertamina Jatimbalinus

 

INDOBALINEWS - Sebagai salah satu upaya mewujudkan desa ramah anak yang sehat dan kreatif,   PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Integrated Terminal Manggis telah melakukan pembinaan Forum Anak Desa Ulakan (FADU) tiga tahun terakhir dengan pendekatan kearifan lokal dan kebudayaan.

Karenanya dibentuklah berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan jati diri, public speaking, leadership, mentoring nyurat aksara dan berbagai jenis tarian tradisional.

Kali ini FADU binaan Integrated Terminal Manggis kembali selenggarakan peringatan bulan Bahasa Bali. Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga menjadi tema yang diangkat pada tahun 2024.

Baca Juga: Saat Nyepi Jalan Tol Bali Mandara Ditutup 32 Jam

Peringatan Bulan Bahasa Bali FADU diselenggarakan di Pura Puseh Desa Ulakan kerjasama antara Integrated Terminal Manggis bersama Pemerintah Desa Adat Ulakan dan Penyuluh Bahasa Bali.
Peringatan Bulan Bahasa Bali FADU diselenggarakan di Pura Puseh Desa Ulakan kerjasama antara Integrated Terminal Manggis bersama Pemerintah Desa Adat Ulakan dan Penyuluh Bahasa Bali. Dok Humas Pertamina Jatimbalinus

Tema ini dipilih untuk mengingatkan pentingnya penanaman budi pekerti dan pengenalan jati diri. Bulan Bahasa Bali dibentuk atas Peraturan Daerah Provinsi Bali No. 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali serta Peraturan Gubernur Bali No. 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali.

“Kegiatan membudayakan ini perlu dilakukan sejak dini untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan didalamnya. Begitu pula dengan proses pengenalan budaya, bahasa dan aksara yang perlu ditanamkan sejak dini. Kegiatan ini perlu diselenggarakan di area globalisasi agar tidak terjadi degradasi budaya di Bali”, jelas Enggartiarso, Sr. Spv HSSE Integrated Terminal Manggis mewakili Integrated Terminal Manager Manggis.

Baca Juga: Penyanyi Usher Menikmati Liburan di Bali, Tambah Ganteng Pakai Udeng

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x