Pengusiran Paksa di Palestina oleh Israel, Indonesia Kecam: Itu Berpotensi Picu Ketegangan

- 9 Mei 2021, 10:37 WIB
Seorang warga Palestina sedang berdoa, sementara itu sejumlah polisi Israel menghepung Masjidil Aqsa seusai bentrok,  Jumat 7 Mei 2021.
Seorang warga Palestina sedang berdoa, sementara itu sejumlah polisi Israel menghepung Masjidil Aqsa seusai bentrok, Jumat 7 Mei 2021. /ANTARA FOTO/Reuters/Ammar Awad

INDOBALINEWS – Pengusiran paksa terhadap enam warga Palestina dari wilayah Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur mengundang kecaman warga dunia.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia juga mengecam keras peristiwa tersebut.

Twitter Kementerian Luar Negeri RI mengecam tindak kekerasan terhadap warga sipil Palestina di wilayah Masjid Al-Aqsa yang menyebabkan ratusan korban luka-luka dan melukai perasaan umat muslim.

Baca Juga: Sembunyi di Inggris Benny Wanda Tuding Densus 88 Dilatih untuk Membunuh Rakyat

“Pengusiran paksa dan tindakan kekerasan tersebut bertentangan dengan berbagai resolusi DK PBB, hukum humaniter internasional, khususnya Konvensi Jenewa IV tahun 1949, dan berpotensi menyebabkan ketegangan dan instabilitas di kawasan,” demikian keterangan Kemlu, merujuk pada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, dikutip dari Antaranews, Minggu 9 Mei 2021.

Indonesia mendesak masyarakat internasional melakukan langkah nyata untuk menghentikan pengusiran paksa warga Palestina dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil.

Sebelumnya dilaporkan bentrokan meletus antara pengunjuk rasa Palestina dan polisi Israel di luar Kota Tua Yerusalem pada Sabtu 8 Mei 2021, ketika puluhan ribu jamaah muslim beribadah pada malam suci Islam Lailatul Qadar.

Baca Juga: Bill Gates dan Melinda Gates Cerai,  27 Tahun Berumah Tangga dan Dikaruniai Tiga Anak

Sedikitnya 80 orang terluka, termasuk anak di bawah umur dan satu tahun, dan 14 orang dibawa ke rumah sakit, menurut Bulan Sabit Merah Palestina. Sementara polisi Israel mengatakan satu petugas terluka.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x