Olahan Daging Bebek yang Lezat, Kandungan Nutrisi dan Manfaat bagi Kesehatan

- 8 Mei 2021, 23:35 WIB
Sajian bebek goreng.
Sajian bebek goreng. /Bebek Tepi Sawah

INDOBALINEWS – Anda penyuka aneka menu dari bahan daging bebek? Ya, banyak rumah makan menawarkan variasi masakan daging bebek atau itik yang mengundang selera.

Selain lezat, daging bebek juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, asalkan diolah dari daging yang sehat dan cara memasak yang benar.

Sepotong daging bebek dengan berat 100 gram terkandung 130 kalori dan nutrisi, 19 gram protein, 4–5 gram lemak, 10 miligram kalsium, 4,5 miligram zat besi, 20 miligram magnesium, 185 miligram fosfor, 270 miligram kalium, 60 miligram natrium, 2 miligram zinc, 14 mikrogram (µg) selenium, 80 IU vitamin A, 6 miligram vitamin C, 77 miligram kolesterol.

Baca Juga: Hipertensi ‘The Silent Killer’, Sebabkan Penyakit Jantung, Gagal Ginjal, dan Stroke

Daging bebek juga mengandung asam lemak omega-3, vitamin B kompleks, khususnya vitamin B3 (niasin) dan vitamin B12 (kobalamin), folat, dan kolin.

Lantaran memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi daging bebek sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti dikutip dari laman Alodokter berikut:

Meningkatkan daya tahan tubuh. Bebek merupakan sumber protein dan selenium yang baik. Kedua nutrisi tersebut berperan meningkatkan daya tahan dan memperbaiki kerusakan jaringan tubuh. Jika daya tahan tubuh kuat, maka akan tahan dari serangan virus dan bakteri, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Menyehatkan jantung. Daging bebek mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Kedua nutrisi tersebut juga banyak ditemukan di ikan, telur, atau seafood. Tapi ingat, jangan konsumsi daging bebek berlebihan, apalagi bersama kulitnya. Ini untuk menghindari penumpukan kolesterol dalam tubuh yang justru mengancam kesehatan jantung. Yang paling sehat makan daging bebek tanpa lemak dengan cara membakar, memanggang atau mengukus, bukan dengan menggoreng.

Baca Juga: Mulai Sekarang Habis Makan Sahur Jangan Langsung Tidur, Ini Bahayanya bagi Kesehatan

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x