Menlu China, Wang Yi: “Hentikan Provokasi Yang Melanggar Komitmen,” Kepada Jaishankar

- 11 September 2020, 13:19 WIB
Menlu China Wang Yi /
Menlu China Wang Yi / /Express

INDOBALINEWS - Menteri Luar Negeri India S Jaishankar dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu di Moskow pada Kamis di sela-sela konferensi untuk mencoba dan mengakhiri perselisihan selama berbulan-bulan di perbatasan yang tidak berdemarkasi, yang paling serius dalam beberapa dekade.

Kepada Jaishankar Menlu Wang mengatakan keharusannya adalah untuk segera hentikan provokasi penembakan dan tindakan berbahaya lainnya yang melanggar komitmen yang dibuat oleh kedua belah pihak.

Lebih lanjut Wang katakan bahwa, “untuk redakan situasi maka pasukan perbatasan dikedua sisi harus menjaga jarak yang tepat, semua personel dan peralatan yang masuk tanpa izin di perbatasan harus dipindahkan”.

Baca Juga: Kalau Dibiarkan , Anies Mendelegitimasi Pemerintahan Presiden Jokowi, Layak Dinonaktifkan

Dikutip indobalinews dari CNA , dalam pernyataan pada hari Jumat itu juga , Kementerian Luar Negeri China mengatakan, “akan menjaga komunikasi dengan India melalui saluran diplomatik dan militer, dan berkomitmen untuk memulihkan perdamaian dan ketenangan di daerah perbatasan yang disengketakan”.

Suratkabar berpengaruh yang diterbitkan oleh Partai Komunis China yang berkuasa, China Global Times, dalam editorialnya kamis malam menyebutkan bahwa setiap pembicaraan dengan India harus dipasangkan dengan “kesiapan perang”.

Baca Juga: TPID Bali, Kekuatan Hadapi Tantangan Pengendalian Inflasi

"China harus sepenuhnya siap untuk mengambil tindakan militer ketika diplomatik gagal, dan pasukan garis depannya harus dapat menanggapi keadaan darurat, dan siap untuk berperang kapan saja," kata surat kabar itu.

Lebih lanjut dijelaskan, “Karena India memiliki kepercayaan diri yang abnormal dalam menghadapi China, walau tidak memiliki kekuatan yang cukup.

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: CNA Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x