Pelebon Raja Denpasar IX, Penghormatan Atas Sosok Karismatik Sekaligus Jadi Penyadaran Pelestarian Budaya

- 22 Juni 2023, 15:40 WIB
Puncak prosesi Pelebon Raja Denpasar IX Rabu 21 Junbi 2023.
Puncak prosesi Pelebon Raja Denpasar IX Rabu 21 Junbi 2023. /Dok Tika

INDOBALINEWS - Puncak prosesi sakral sakral Pelebon Raja Denpasar IX yang berlangsung Rabu 21 Juni 2023 menjadi wadah penghormatan atas berpulangnya sosok bijak dan karismatik, sekaligus bukti penyadaran pelestarian warisan budaya.

Pelebon Raja Denpasar IX Ida Tjokorda Ngurah Pemecutan dilaksanakan dengan rangkaian prosesi selama 4 bulan yang pada puncaknya dilaksanakan dalam Upacara Pitra Yadnya “Karya Pelebon Nyawa Ngesti Wedana”.

Raja Denpasar IX merupakan tokoh panutan dan dihormati masyarakat Nusantara atas keteguhannya menjaga nilai-nilai luhur budaya puri.

Baca Juga: 'Nawa Sena', Jalinan Karya Perupa dan Sastrawan

Perkumpulan Pencinta Pariwisata Indonesia (P3I) yang merupakan kumpulan para profesional lintas profesi C-Level sebagai pendukung pelestarian keagungan budaya Nusantara, berambisi menunjukkan pada dunia bahwa Bali berada di posisi terfavorit dunia sebagai destinasi ecotourism.

“Keagungan budaya puri sebagaimana peristiwa Pelebon Raja Denpasar IX selain dimaknai sebagai sakralnya prosesi penyadaran tentang nilai-nilai hidup dan kehidupan, juga menjadi penyemangat pelestarian warisan budaya yang dapat mendatangkan devisa,” ujar Jeffry Yunus, Ketua P3I.

Baca Juga: Puluhan Pembicara Andal dan Menginspirasi Sebar Kiat Sukses di Ajang The 13th Indonesia HR Summit 2023

Dalam 3 bulan pertama 2023 data BPS Bali menunjukkan jumlah kunjungan mencapai 1.026.367 atau naik 6,34% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Adapun sepanjang tahun 2022 total menembus 2,1 juta kunjungan dari target 1,5 juta.

“Kami menyimak Gubernur Bali menargetkan 4,5 juta kunjungan di tahun 2023 ini. P3I optimis peningkatan jumlah kunjungan berdampak positif terhadap kesejahteraan dengan syarat fundamental yang kuat dari akar budaya, diiringi konsep ecotourism.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x