Anak Anda Pegang HP Terus? Ini Tips Agar Anak Aman di Dunia Internet

- 10 Februari 2021, 10:56 WIB
Ilustrasi anak main hp.
Ilustrasi anak main hp. /Instagram Kominfo

INDOBALINEWS - Di jaman now dengan kemajuan tekhnologi HP seperti sekarang, mulai anak balita hingga lansia gandrung dengan isi HP.

Ditambah lagi dengan maraknya platform media sosial (medsos) yang menampilkan banyak hiburan, meskipun sisi positif dunia dalam HP juga banyak manfaatnya.

Tapi untuk anak di masa pandemi, dunia internet memang banyak membantu untuk belajar daring meski sisi negatifnya pun tak kalah banyak.

Baca Juga: 2 WNA Bulgaria dan Malaysia Dalangi Gerombolan Skimming ATM Lintas Negara di Bali

Anak banyak menghabiskan waktu mereka di dunia maya sejak pandemi COVID-19, terutama untuk sekolah secara dalam jaringan.

Meski platform media sosial pada umumnya, termasuk Facebook dan Instagram, mewajibkan pengguna berusia 13 tahun ketika mendaftar. Tapi persyaratan ini mudah sekali untuk dimanipulasi sehingga tak terlalu menjamin hanya anak di atas 13 tahun saja yang bisa mengakses.

Baca Juga: Baik-Baik Saja Setelah Jalani Vaksinasi Covid-19, Kata Nakes Senior Diatas 60 Tahun di RSUP Sanglah

Penerapan aturan ini pun berbeda di setiap negara, ada beberapa negara yang mewajibkan pengguna media sosial di atas 13 tahun.

Untuk menandai Hari Internet Aman Dunia yang jatuh tanggal 9 Februari kemarin, Platform Facebook membagikan tips bagi orang tua untuk menjaga anak di dunia maya.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x