Video 'Posisi Atta & Aurel Biar Hamil' Dinilai Vulgar Dapat Teguran Keras KPAI

- 7 Mei 2021, 23:25 WIB
Atta dan Aurel rayakan satu bulan pernikahan
Atta dan Aurel rayakan satu bulan pernikahan /Instagram

INDOBALINEWS - Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan teguran keras atas beredarnya video Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar yang dinilau sengaja menyajikan beberapa judul konten video vulgar.

Teguran keras itu dilayangkan tak lama setelah Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah membuat video dengan judul vulgar 'Posisi Atta & Aurel Biar Hamil'.  

Bahkan, KPAI menduga Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar sengaja menyajikan beberapa judul konten video yang dinilai vulgar.

Baca Juga: MA: SKB Tiga Menteri soal Larangan Atribut Keagamaan Seragam Sekolah Bertentangan UU

Dalam video itu memperlihatkan aktivitas Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah melakukan senam yoga dengan judul 'Posisi Atta & Aurel Biar Hamil' sehngga dituding telah melanggar aturan.

Ketua KPAI, Dr. Susanto menilai pemilihan diksi di konten milik Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah dinilai tidak tepat.

"Kabar yang beredar di masyarakat, (soal) diksi dan narasi mengarah pada hal yang tidak sepatutnya untuk usia anak melihat," kata ketua KPAI Dr. Susanto, MA seperti dikutip dari kanal YouTube Indosiar.

Baca Juga: Geger Video Tank Baja TNI AD Muncul Saat Penyekatan Larangan Mudik

Pihaknya menyayangkan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah tak berhati-hati dalam menentukan konten di kanal YouTubenya.

Kendati judul video telah diganti, dia khawatir konten tersebut bisa disalah artikan oleh anak-anak dibawah umur.

Dijelaskan Susanto, meskipun dituliskan untuk umur 18 tahun ke atas, tapi berpotensi memancing (anak-anak) membayangkan atau memikirkan narasi tersebut.

Baca Juga: Dilumpuhkan KKP, Kapal Ikan Vietnam Curi Cumi dan Teripang di Laut Natuna Utara

Untuk itu, KPAI memberikan himbauan untuk para YouTuber agar bisa bijak memilih diksi dan narasi sebelum mengunggah video di halaman YouTubenya.

Kata Susanto, seorang YouTuber yang ingin jadi figur, diharapkan agar hati-hati menampilkan konten, diksi dan narasi, agar apa yang diterima anak tidak menimbulkan persepsi negatif.

Usai menerima banyak teguran dan kritikan keras, Atta dan Aurel mengganti judul yang sebelumnya 'Posisi Atta dan
Thumbnail yang ada di video tersebut juga diubah menjadi 'Yoga Favorit Atta dan Aurel'.***

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x