Geger Video Tank Baja TNI AD Muncul Saat Penyekatan Larangan Mudik

- 7 Mei 2021, 22:54 WIB
Video viral beredar di media sosial, benarkah TNI AD kerahkan tank baja untuk penyekatan kendaraan dalam larangan mudik? Simak cek faktanya
Video viral beredar di media sosial, benarkah TNI AD kerahkan tank baja untuk penyekatan kendaraan dalam larangan mudik? Simak cek faktanya /Instagram/@infokomando

INDOBALINEWS - Sebuah video menggegerkan warga beredar ketika Tank Baja jenis AMX nongol di Jalan raya Narogong Cileungsi Jawa Barat yang dikaitkan dengan penyekatan jalan untuk larangan mudik.

Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS langsung memberikan klarifikasinya sebagaimana dilansir IndoBaliNews dari Pikiran-Rakyat.com, Jumat 7 Mei 2021.

Kata Herwin, keberadaan Tank Baja jenis AMX di Jalan raya Narogong Cileungsi tersebut bukan untuk melakukan penyekatan bagi para pemudik.

Baca Juga: Dilumpuhkan KKP, Kapal Ikan Vietnam Curi Cumi dan Teripang di Laut Natuna Utara

"Keberadaan Ranpur milik Yonarmed-7/105 GS itu adalah dalam rangka Latihan Taktis Tingkat Baterai TW II TA 2021," sergahnya.

Karena itu, pihaknya menegaskan, tidak benar, apabila ada yang mengkaitkan penyekatan mudik dengan keberadaan tank milik TNI AD di wilayah tersebut.

Bahkan, ada yang mengabarkan, jika kehadiran tank untuk menakuti-nakuti pemudik,

Baca Juga: Menag Yaqut Cholil Batasi Kutbah Salat Idul Fitri Saat Pandemi Maksimal 20 Menit

"itu hoax," tegas Herwin lagi.

Dijelaskan, latihan Taktis Tingkat Baterai TW II TA 2021 yang digelar Yonarmed 7 tersebut merupakan latihan rutin satuan Yonarmed 7/105 GS.

Latihan itu dalam rangka pemeliharaan Alutsista Tank dan meningkatkan kemampuan serta profesionalisme personel Yonarmed-7/105 GS.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Fadli Zon Sebut WNA China Disambut Bak Karpet Merah di Indonesia

Senada dengan Herwin, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan, tank yang viral di media sosial itu dalam rangkaian melakukan latihan.

Pihaknya mengakui, lokasi latihan berdekatan dengan titik penyekatan arus mudik di perbatasan Bogor-Bekasi.

"Itu kegiatan latihan, kebetulan jaraknya dekat dengan tempat penyekatan arus mudik," tutupnya. ***

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x