Sosok Ayah Berperan Sejak dalam Kandungan, Ini yang Tertulis di Al-Qur'an, Anda Wajib Tahu!

- 22 November 2023, 13:54 WIB
Ilustrasi ayah dan anak perempuan.
Ilustrasi ayah dan anak perempuan. /Pixabay/Anja

 

INDOBALINEWS - Peran ayah dalam pendidikan anak perspektif Al-Qur'an telaah tafsir Ibnu Katsir al-Mishbah adalah menjadi teladan yang baik bagi anak, menjaga keluarganya dari api neraka dan mengajaknya masuk syurga dan mencarikan pendamping yang baik untuk anak dan menikahkannya.

Peran ayah dalam keluarga sangatlah penting. Ayah merupakan sosok yang penting dalam keluarga. Selain sebagai pemimpin, ayah juga sering dijadikan idola dan panutan anak-anaknya. Saat menjalankan kewajibannya dengan baik ayah menjadi sosok panutan yang bertanggung jawab dengan melindungi keluarganya.

Ayah merupakan kepala keluarga dimana memiliki tanggung jawab penuh bagi keluarganya. Selaij wajib mencari nafkah berikut bentuk tanggung jawab ayah bagi keluarga sebagai pemimpin keluarga sekaligus sebagai pelindung keluarga.

Baca Juga: Akan Jalani Debut, Pelatih PSS Sleman Mau Hasil Sempurna, Enggan Dapat Kritikan Tajam dari Suporter


Ayah memiliki arti penting bagi anak sejak dalam kandungan. Seorang ayah adalah tumpuan harapan dan teladan. Bisa menjadi teman dan lawan sekaligus dalam pengertian positif. Ayah adalah tempat kita meminta dukungan dalam segala hal keberadaannya membuat anak-anak merasa damai dan aman.

Dilansir dari Akun Tik-Tok : @reqgifirst
Yang memiliki pengikut sebanyak 5133 dan disukai sebanyak 94.3 pengguna Tik-Tok terkait Peran ayah ada didalam kandungan Al-Qur'an Anda wajib tahu sebagai berikut :

Baca Juga: Tersangka Kasus Penipuan Artis Jedar Ditangkap

1. Menjadi seorang ayah itu adalah titah akhirat sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an ada empat pertama soal kewajiban seorang ayah ada di surat At-Tahrim. Dalam surat At-Tahrim ayat keenam ini mengandung beberapa hikmah diantaranya: perintah untuk selalu bertakwa kepada Allah S.W.T dan berdakwah Anjuran untuk menyelamatkan diri dan keluarga dari siksaan api neraka. Pentingnya pendidikan Islam sejak dini agar paham dengan agama yang diridai Allah S.W.T dan mengimani para malaikat.

Surat At-Tahrim ayat keenam juga berisi tentang tanggung jawab orangtua dalam pendidikan keluarga adalah membimbing dan mendidik anak agar tidak terjerumus ke dalam api neraka seperti orang-orang kafir dan batu yang dijadikan bahan bakarnya serta menjadikan keluarga senantiasa taat kepada Allah S.W.T.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: tiktok @reqgifirst


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah