Waspada Gagal Ginjal Akut pada Anak-Anak, Orang Tua Perlu Perhatikan Ini

- 8 November 2023, 15:28 WIB
Ilustrasi gagal ginjal akut.
Ilustrasi gagal ginjal akut. /ANTARA/HO Antaranews

 

INDOBALINEWS - Fenomena kasus gagal ginjal akut sempat mengkhawatirkan para orang tua di tanah air tahun 2022 lalu.  Saat itu fenomena gagal ginjal akut menyerang anak-anak dari rentang usia 6 bulan – 18 tahun.

Menurut Abiyyu Didar Haq, SKed,  Chief of Product Officer (CPO)  PukulEnam, perusahaan startup teknologi multi-nasional yang kerap membahas masalah kesehatan, gagal ginjal akut atau acute kidney injury adalah kondisi ketika ginjal berhenti berfungsi secara tiba-tiba.

"Kondisi gagal ginjal akut terjadi saat ginjal mengalami kerusakan secara mendadak dan tidak berfungsi dengan normal. Karena mendadak berhenti itulah, ginjal tidak dapat membuang limbah metabolisme dari dalam tubuh dan tidak dapat menyeimbangkan air serta elektrolit," ujar Abiyyu Didar Haq, SKed.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Mikael Tata Resmi Berseragam Persebaya Surabaya Usai Mundur dari Arema FC

Ditambahkan Abiyyu, kondisi ini bisa terjadi akibat gangguan aliran darah ke ginjal, gangguan di ginjal, atau penyumbatan di saluran urine. Gagal ginjal akut harus segera ditangani untuk mencegah kerusakan ginjal permanen.

Kondisi ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Namun, jika terdeteksi dan diobati sejak dini, kerusakan ginjal akibat gagal ginjal akut dapat disembuhkan.

Ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menyaring limbah sisa metabolisme dari dalam darah dan membuangnya melalui urine. Jika fungsi tersebut terhenti, limbah yang seharusnya dibuang akan menumpuk di dalam tubuh.

Baca Juga: Hasil Lengkap Liga Champions: Man. City Gemilang, Barcelona Tumbang

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah