Dilelang, Sebuah Gaun Malam Milik Mendiang Putri Diana Laku Seharga Rp17.8 Miliar

- 19 Desember 2023, 15:35 WIB
Ilustrasi: Mendiang Putri Diana dan Gaun malam yang dilelang (poto Antaranews)
Ilustrasi: Mendiang Putri Diana dan Gaun malam yang dilelang (poto Antaranews) /Antaranews
Dilansir dari Antaranews Selasa, 19 Desember 2023. Pakaian tersebut dikenakan Diana sewaktu makan malam di Palazzo Vecchio di Florence saat melakukan tur kerajaan bersama suaminya, Charles, yang diselenggarakan oleh walikota Florence pada bulan April 1985. Diana juga pernah memakai gaun ini sekali lagi di Vancouver Symphony Orchestra pada tahun 1986.
Baca Juga: Diprediksi Terjual Rp2,8 Triliun, ‘Shot Marilyn’ karya Pop Art Andy Warhol Pecahkan Rekor Harga Lelang
 
Gaun itu dijual di sebuah acara pada Minggu malam bertajuk Julien's Auctions dan Turner Classic Movies Present: Hollywood Legends seharga total 1.148.080 dolar AS (907.000 euro) yang sebelumnya diperkirakan akan terjual seharga 100.000 dolar AS.

Gaun tersebut kini menjadi gaun termahal yang dikenakan mendiang anggota kerajaan yang dijual di lelang. Pemegang rekor sebelumnya, gaun beludru tahun 1991 karya Victor Edelstein, terjual 604.800 dolar AS pada bulan Januari.

Belum diketahui identitas pembeli gaun Azagury yang dilengkapi ilustrasi senada.
 
Baca Juga: Lelang 11 Karya Picasso di Las Vegas, MGM Resort Sebut akan Jadi Transaksi Paling Mahal
Menurut juru lelang, rok balerina tersebut dianggap sebagai pengakuan atas kecintaan Diana terhadap tari dan dirinya sebagai pelindung Balet Nasional Inggris. Katalog menggambarkannya sebagai “gaun malam panjang balerina yang indah dan romantis”.

Diana mengenakan banyak gaun dan dress karya Azagury, salah satu favoritnya adalah minidress georgette sutra biru es yang dikenakan pada 3 Juni 1997 ke Royal Albert Hall untuk pertunjukan Swan Lake.***

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x