Diprediksi Terjual Rp2,8 Triliun, ‘Shot Marilyn’ karya Pop Art Andy Warhol Pecahkan Rekor Harga Lelang

- 22 Maret 2022, 10:34 WIB
Karya seni 'Shot Sage Blue Marilyn' oleh Andy Warhol yang dipajang di Rumah Lelang Christie's sebelum lukisan itu dilelang di wilayah Manhattan di New York City, New York, AS, 21 Maret 2022.
Karya seni 'Shot Sage Blue Marilyn' oleh Andy Warhol yang dipajang di Rumah Lelang Christie's sebelum lukisan itu dilelang di wilayah Manhattan di New York City, New York, AS, 21 Maret 2022. /REUTERS/Carlo Allegri

INDOBALINEWS – Sebuah karya dari seniman yang memopulerkan pop art Andy Warhol diperkirakan bakal memecahkan rekor harga tertinggi di pasar lelang.

Shot Sage Blue Marilyn, judul karya Andy Warhol ini mengambil objek figur ikonik pesohor mendiang Marilyn Monroe.

Karya ini diprediksi terjual seharga 200 juta dolar AS atau sekitar Rp2,8 triliun. Demikian kata rumah lelang Christie's pada Senin 21 Maret 2022 waktu setempat.

Baca Juga: Denpasar Bangun 3 Tempat Penampungan Sampah Terpadu Baru

Rumah lelang mengatakan pihaknya berharap Shot Sage Blue Marilyn yang dikerjakan Warhol pada 1964 menjadi karya seni abad ke-20 yang paling mahal ketika dilelang di New York pada Mei.

Dalam sebuah pernyataan, Christie's menggambarkan potret berukuran 40 inci kali 40 inci itu sebagai salah satu gambar paling langka dan paling transenden yang pernah ada.

Kepala seni abad ke-20 dan ke-21 di Christie's Alex Rotter menyebut potret itersebut sebagai karya cetak abad ke-20 paling signifikan yang akan dilelang dalam satu generasi.

"(Potret) Marilyn dari Andy Warhol adalah puncak mutlak dari American Pop dan janji dari American Dream yang merangkum optimisme, kerapuhan, selebritas, dan ikonografi sekaligus," kata Rotter, dikutip dari AFP, Selasa 22 Maret 2022.

Baca Juga: Pasca Pandemi, Pelaku Pariwisata Harus Bekerjasama Datangkan Turis untuk Kebangkitan Pariwisata Bali

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x