Air Putih Penting tapi Berlebih tak Baik, Ini Takaran Pas Sesuai Umur

- 16 Januari 2024, 07:58 WIB
Ilustrasi air putih.
Ilustrasi air putih. /Pixabay/cocoparisienne/

INDOBALINEWS - Minum air mineral, atau biasa disebut air putih, sangat penting untuk kesehatan karena air memiliki peran yang vital dalam menjaga fungsi tubuh.

Manfaat air putih bagi tubuh sedemikian banyak termasuk memelihara keseimbangan cairan, penyediaan nutrisi, pembersih racun, menjaga keseimbangan elektrolit dan pH tubuh, mempertahankan kesehatan kulit, penyokong fungsi otak, hingga pencegahan dehidrasi dan berbagai penyakit.

Namun tahukah Anda, seperti juga segala hal yang berlebih tak baik, pun untuk air putih jika dikonsumsi kebanyakan tentu juga bisa menimbulkan sisi negatif bagi tubuh. Sehingga konsumsi air untuk tubuh juga harus sesuai dengan jumlah air yang kita butuhkan.

Baca Juga: Borong Promo dan Rasakan Keseruan Pengalaman Baru Belanja Online di 2.2 Shopee Live dan Video Mega Sale

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI) dr. Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH minum air yang cukup juga dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih, dan sembelit.

Namun menurutnya penting untuk dicatat bahwa kebutuhan cairan tiap individu berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor seperti tingkat aktivitas fisik, iklim, kondisi kesehatan, dan utamanya usia.

“Minum itu sangat berpengaruh bagi tubuh, asupan cairan harus cukup, melalui minum air putih, namun tentu ada takaran dan batasan tertentu, agar tidak merusak ginjal,” kata Pringgodigdo dilansir dari Antara Selasa 16 Januari 2024.

Baca Juga: 7 Pemain dan Pelatih Asing yang Pernah Memperkuat RRQ Hoshi

 

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x