Pasca Gempa Nias Barat, Ini Laporan Dampaknya dari 11 BPBD di 3 Provinsi

- 15 Mei 2021, 12:09 WIB
Gempa Nias Barat.
Gempa Nias Barat. /Dok. Bmkg.go.id

INDOBALINEWS - Sebanyak sebelas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota di 3 provinsi melaporkan dampak gempa Nias Barat yang terjadi kemarin Jumat 14 Mei 2021.

Laporan tersebut diterima oleh Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam lama resmi bmkg.go.id, terkait gempabumi dengan parameter magnitudo 7.2 yang kemudian dimutakhirkan menjadi 6.7 di lepas pantai sebelah barat Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara.

Menurut laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempabumi Nias Barat magnitudo (M) 6.7 telah mengalami dua kali gempabumi susulan (aftershock) yakni M 5.2 pada pukul 14.16 WIB dan M 5.3 pada pukul 16.16 WIB.

Baca Juga: Remisi Idul Fitri 2021, 121.026 WBP Dapat Pengurangan Masa Tahanan Maupun Bebas

Berdasarkan laporan yang diterima Pusdalops BNPB per Jumat `4 Mei 2021 pukul 16.28 WIB, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan maupun jatuhnya korban jiwa dari rentetan gempabumi tersebut.

"Laporan pertama daru Provinsi Sumatera Utara, Pusdalops menerima laporan dari masing-masing BPBD Kabupaten Nias Barat, BPBD Kabupaten Nias Utara, BPBD Kabupaten Nias Selatan dan BPBD Kabupaten Nias yang menyatakan bahwa gempabumi dirasakan sedang hingga kuat oleh warga selama 2-5 detik," demikian pernyataan resmi Dr. Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem Hingga 17 Mei 2021, Selat Bali Lombok Potensi Tinggi Gelombang 2,5 Hingga 4 Meter

Dari adanya guncangan tersebut, warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri dari hal yang tidak diinginkan terkait adanya potensi dampak gempabumi.

Selanjutnya dari BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai juga melaporkan bahwa gempabumi dirasakan sedang hingga kuat selama 2-5 detik.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: bnpb.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x