Nias Barat Diguncang Gempa Bumi Tektonik M 7,2 Tak Berpotensi Tsunami

- 14 Mei 2021, 19:00 WIB
Peta BMKG gempa bumi 7,2 Skala Richter di Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat 14 Mei 2021
Peta BMKG gempa bumi 7,2 Skala Richter di Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat 14 Mei 2021 /BMKG/

INDOBALINEWS - Nias Barat pada Jumat 14 Mei 2021 diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 7,2 M pada pukul 13:33:09 WIB.

Dari hasil analisis BMKG lokasi gempa terletak di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 125 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km. 

"Gempabumi ini berkekuatan M=7,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=6,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,2 LU dan 96,69 BT," demikian pernyataan resmi dari Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, M.Si seperti dilansir dari laman bmkh.go.id Kamis 14 Mei 2021.

Baca Juga: Laka Lantas di Denpasar, Seorang Pemotor Tewas setelah Tabrak Pohon Perindang

 

Lebih lanjut dijelaskan juga bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal yang berada di zona outer-rise.

"Hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukan bahwa gempabumi tersebut memiliki mekanisme sesar turun (normal fault)," lanjutnya.

Baca Juga: Melaut di Perairan Nusa Dua, Nelayan Hilang setelah Terjatuh dari Jukung dan Belum Ditemukan

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Gunung Sitoli, Kab. Nias III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Banda Aceh III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: bmkg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x