Empat Warga Sipil Ditembak Mati KKB di Yahukimo, Beberapa Orang Disandera

- 25 Juni 2021, 17:14 WIB
KKB Papua ultimatum akan tembak mati warga
KKB Papua ultimatum akan tembak mati warga /Facebook Tiki Cendrawasih Nare

INDOBALINEWS - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diduga menembak Lima orang warga sipil di Kampung Bingki, Kabupaten Yahukimo, Papua pada Kamis 26 Juni 2021.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, dalam kasus ini empat orang meninggal dunia dan satu lainya mengalami luka.

"Untuk korban luka telah dibawa oleh masyarakat guna mendapatkan perawatan medis," kata Kamal dalam keterangan tertulisnya, Jumat 25 Juni 2021.

Baca Juga: Seorang Diri Naik Jet Pribadi ke Bali, Mai Estianti Kaget Tarifnya Rp115 Juta per Jam

Pihaknya menduga, KKB ini juga menyandera beberapa warga. Walaupun hal itu masih diselidiki lebih lanjut.

"Sementara untuk 4 orang yang disandera oleh KKB masih dalam penyelidikan lebih lanjut," tuturnya dilansir pikiran-rakyat.com.,

Kejadian bermula ketika sejumlah warga sipil yang merupakan pekerja bangunan di PT. Sinama tengah melakukan aktivitas pembangunan proyek Jembatan Kali Kuk Kampung Samboga, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo.

Baca Juga: Tanggapi Vonis Empat Tahun, Fadli Zon: Banyak Kebijakan dan Keputusan yang Tidak Adil pada HRS

Korban bernama Saiful seorang sopir sedang mengambil matrial proyek berupa batu ciping (batu olahan) dari Camp Kali Kuk Kampung Samboga dengan tujuan PT. Berantas, Kampung Sukamo dengan melewati jembatan Kali I kampung Samboga Distrik Seradala.

Ketika melintas jembatan dari Camp Kali Kuk korban dihadang oleh kelompok KKB Kali I dengan jumlah 30 orang yang diduga pimpinan Tendius Gwijangge alias tendinus Murib.

Mereka membawa senjata tajam berupa anak panak, kampak, parang, samurai, dan juga membawa 2 pucuk senjata api laras panjang.

Baca Juga: Sebarkan Berita Bohong Hasil Swab HRS Dibui Empat Tahun, Tokoh Papua: Sangat Tidak Adil dan Dipolitisasi

"Selanjutnya terdengar dari pimpinan kelompok tersebut mengatakan bahwa 'Laksanakan Operasi dan Periksa mereka," kata Kamal menirukan perintah KKB tersebut.

Melihat situasi tersebut, korban berupaya mundur untuk memutar kembali ke arah Camp Kali Kuk namun dibrondong tembakan.

Korban berhasil kembali arah tempat bekerja bertempat di Camp PT. Seremony Kali Kuk, Kampung Bingki untuk berkumpul sesama karyawan dan masyarakat Kampung Bingki.

Baca Juga: Innalillahi, Advokat Senior M Assegaf Tutup Usia

Pada pukul 15.50 WIT, personel Polres Yahukimo mendapatkan informasi melalui Via telpon dari saksi inisial AD bahwa telah terjadi penembakan terhadap masyarakat.

Koordinasi dilakukan Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana, dan Dandim 1715/Yahukimo Letkol inf. Christian F.R. Ireuuw, untuk langkah penanganan terkait kasus penembakan tersebut.

"Saat ini, tim gabungan TNI Polri telah berangkat menuju ke TKP untuk melakukan olah TKP dan mengevakuasi korban," demikian Kamal. *** ( Muhammad Rizky Pradila / pikiran-rakyat.com)

Disclaimer : Artikel ini telah tayang sebelumnya di pikiran-rakyat.com dengan judul : " KKB Tembak Lima Warga Sipil di Yahukimo Papua, Empat Orang Tewas"

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah