Fadel Muhammad: Perlu Percepatan Pembangunan di Kawasan Timur Indonesia

- 22 Oktober 2021, 14:06 WIB
Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad.
Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad. /Situs resmi MPR/www.mpr.go.id/

INDOBALINEWS - Wakil Ketua MPR RI Prof Fadel Muhammad mengatakan, perlu percepatan pembangunan di kawasan timur Indonesia (KTI) sebagai penghubung atau konektivitas antara calon Ibu Kota Negara di Pulau Kalimantan dan daerah-daerah sekitarnya.

"Wilayah KTI mesti mempersiapkan diri. Salah satunya dengan mewujudkan rencana membuat 'terusan khatulistiwa' yang akan menghubungkan Pulau Sulawesi ke Pulau Kalimantan," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, 22 Oktober 2021.

Hal tersebut disampaikan Fadel Muhammad pada diskusi panel sekaligus peluncuran dan deklarasi Badan Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia (BP2-KTI) di Universitas Hasanuddin (Unhas) Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Sebut Produksi Biodiesel Hemat Devisa Rp56 Triliun

Jika hal tersebut terwujud maka akan memudahkan mobilitas masyarakat di kawasan timur Indonesia menuju Ibu Kota Negara.

Oleh karena itu, katanya, semua elemen bangsa bersama-sama harus mendukung percepatan pembangunan KTI demi tercapainya kesejahteraan bersama.

"Ibu Kota Negara terletak di Kalimantan Timur dan sangat dekat dengan daerah-daerah di kawasan timur Indonesia," ujar mantan Menteri Kelautan dan Perikanan era Kabinet Indonesia Bersatu II tersebut.

Secara umum, katanya, pembangunan di Tanah Air harus merata dan tidak boleh terjadi ketimpangan. Jika tidak seimbang maka akan mencederai rasa keadilan seperti yang diamanahkan Pancasila dan konstitusi.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Resmikan Pabrik Biodiesel PT Jhonlin Agro Raya

Halaman:

Editor: Riyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x