Uni Eropa dan Bali Bahas Potensi Perdagangan dan Investasi

- 6 Desember 2021, 11:11 WIB
 Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam bersama Ketua Kadin Bali I Made Ariandi dalam jumpa pers terkait penjajagan investasi Uni Eropa di Bali, Senin 29 November 2021.
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam bersama Ketua Kadin Bali I Made Ariandi dalam jumpa pers terkait penjajagan investasi Uni Eropa di Bali, Senin 29 November 2021. /Dok Abi

INDOBALINEWS - Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, bekerja sama dengan Kadin Bali, melakukan pertemuan bisnis Senin 29 November 2021 lalu.

Tujuan pertemuan bisnis dan kunjungan kerja ke Provinsi Bali adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia – Uni Eropa (IEU-CEPA) yang tengah dirundingkan, serta untuk membahas peluang perdagangan dan investasi bilateral dengan para pemangku kepentingan di provinsi tersebut.

Bali memiliki potensi besar di sektor pariwisata, mengingat ketersediaan sumberdaya di provinsi ini.

Baca Juga: Tak Berniat Lecehkan Profesi Wartawan, Personel Paspampres Minta Maaf

Selain sumber daya manusia kreatif yang tinggi, sumberdaya lain dalam bentuk keindahan wilayah dan diversitas yang mampu menarik minat turis, mudah ditemukan disini.

Sayangnya, sektor pariwisata paling terkena dampak pandemi, dan di Bali kunjungan turis mengalami penurunan signifikan, hingga melebihi 90%. Pemerintah saat ini fokus untuk membangkitkan kembali industri pariwisata, dan meningkatkan investasi infrastruktur. 

Baca Juga: Pemuda 22 Tahun Gantung Diri di Jembatan Tukad Bangkung

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Piket mengatakan, Uni Eropa mendukung upaya Bali dalam menggerakan kembali sektor pariwisata setelah terkena dampak pandemi.

"Provinsi ini memiliki potensi perdagangan dan investasi besar dengan Eropa yang belum tergali, sehingga menawarkan banyak ruang untuk tumbuh. CEPA UE-Indonesia akan membantu meningkatkan perdagangan dan investasi serta berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan pemulihan ekonomi yang berkelanjutan," ujar Dibes Vincent.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x