Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL Dorong Riset Bawah Laut untuk Pembangunan Berkelanjutan

- 9 Juni 2022, 22:32 WIB
 Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat (tengah) didampingi Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin (kiri) dan Kadishidro Pushidrosal Kolonel Laut (P) Anom Puji H. di sela-sela Seminar Internasional Hidrografi di Kuta, Bali, Kamis 9 Juni 2022.
Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat (tengah) didampingi Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin (kiri) dan Kadishidro Pushidrosal Kolonel Laut (P) Anom Puji H. di sela-sela Seminar Internasional Hidrografi di Kuta, Bali, Kamis 9 Juni 2022. /Puspen Pushidrosal

INDOBALINEWS – Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) bakal memperbanyak riset untuk mengungkap potensi dan sumberdaya yang tersimpan di bawah laut.

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat mengatakan riset yang dilakukan di antaranya konservasi dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan maritim untuk pembangunan berkelanjutan.

“Hidrografi dulu hanya berkutat membuat peta dan keselamatan pelayaran, tapi sekarang lebih berkembang dan berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan,” kata Nurhidayat di sela-sela  Seminar Internasional Hidrografi di Kuta, Kamis 9 Juni 2022.

Baca Juga: Gempa Mamuju, 7.650 Warga Mengungsi Korban Luka Sebanyak 17 Orang

Menurut Nurhidayat Pushidrosal kini tidak hanya berfokus pada penyediaan data hidrospasial dalam rangka menjamin keselamatan pelayaran di seluruh perairan Indonesia di tingkat nasional, tetapi juga memiliki peran dan kontribusi di tingkat regional dan internasional.

Seminar yang digelar dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Sedunia 2022 ini bertema "Hydrography - Contributing to the United Nations Ocean Decade" yang menyoroti kontribusi nyata ilmu pengetahuan di bidang hidrografi dalam kaitan pemanfaatan laut.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang membuka seminar secara virtual mengatakan acara ini menghadirkan para pakar dari dalam maupun luar negeri untuk  membahas tentang kontribusi dan peran hidrografi dalam mendukung terwujudnya program Ocean Decade maupun tujuan pembangunan berkelanjutan PBB.

Baca Juga: Hilangkan Kesan Kumuh Kota, Dinas Perkim Lotim Bangun 223 Unit Rumah Gratis untuk Warga

Dia menjelaskan kegiatan ini dilandasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menginisiasi sebuah agenda pada tahun 2015 yang disebut UN Sustainable Development Goals (SDG) yang memuat 17 tujuan global yang saling terkait dan dirancang untuk menjadi cetak biru dalam rangka mewujudkan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan untuk semua pada tahun 2030 sebagai target pencapaian.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x