PDAM Surya Sembada Surabaya Kembangkan Air Siap Minum Kemasan Botol dan Galon

- 6 Januari 2023, 08:40 WIB
Direktur PDAM Surabaya Wisnu Arief Cahyono. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya.
Direktur PDAM Surabaya Wisnu Arief Cahyono. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya. /Antara

 

INDOBALINEWS  - Terobosan baru dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada, Kota Surabaya, Jawa Timur dengan mengembangkan air siap minum dalam kemasan botol dan galon, bukan air minum langsung dari kran.

Direktur PDAM Surabaya Wisnu Arief Cahyono mengatakan, lebih memilih merealisasikan air siap minum dalam kemasan dari pada air minum langsung dari keran, karena air minum dalam keran membutuhkan investasi yang mahal.

Baca Juga: PDAM Lotim, Siaga 24 Jam, Petugas Akan Tindaklanjuti Keluhan Konsumen

"Tidak mungkin membangun dua pipa jaringan untuk air bersih dan air minum. Karena itu butuh biaya besar, biaya dobel-dobel. Kalau seperti di luar negeri maka harus diganti semua pipanya dan itu butuh waktu lama dan butuh investasi besar," kata Wisnu di Surabaya Jumat, 6 Januari 2023,

Wisnu menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk melakukan kajian studi. Sedangkan implementasinya dimulai pada semester kedua tahun 2023 dengan nilai investasi sekitar Rp10 miliar.

Baca Juga: Arak Bukan Sembarang Arak Bali Bisa Masuk Hotel Berbintang
"Nanti bisa kami pasarkan di organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Surabaya, sekolah yang selama ini membeli air minum kemasan bukan produksi PDAM. Sekarang kami mencoba masuk ke situ. Pemasarannya terbatas. Kami tidak berani memberikan target yang besar," kata dia.

Wisnu kembali mengatakan, bahan baku air siap minum dalam kemasan tersebut nantinya berasal dari mata air Umbulan, Pasuruan, bukan bahan baku dari air sungai.

Untuk air minum kemasan itu sebetulnya pengembangan bisnis saja dari PDAM. Bukan bisnis utama atau core bisnis PDAM, tapi sebuah inovasi," ujar dia.***

Sumber: Antaranews 

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah