Banjir di Libya, Pemerintah Indonesia Kirimkan Logistik Bantuan Kemanusiaan

- 3 Oktober 2023, 05:26 WIB
Para petugas sedang menyusun barang bantuan dukungan logistik dari Pemerintah Indonesia di dalam pesawat yang akan membawa ke Libya dari Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten, Senin 2 September 2023 dini hari.
Para petugas sedang menyusun barang bantuan dukungan logistik dari Pemerintah Indonesia di dalam pesawat yang akan membawa ke Libya dari Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten, Senin 2 September 2023 dini hari. /Dok BNPB

INDOBALINEWS - Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Libya dalam bentuk dukungan logistik dalam rangka penanggulangan bencana banjir yang menerjang wilayah Libya pada bulan September lalu.

Pengiriman bantuan kemanusiaan dilakukan pada Senin 2 Oktober 2023 dini hari melalui Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Proses pelepasan bantuan kemanusiaan dipimpin oleh Plt. Deputi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Sorni Paskah Daeli mewakili Menko PMK yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, Sorni mengatakan sebagai bentuk kepeduliaan dan kemanusiaan antar negara sahabat, Pemerintah Indonesia sepakat untuk mengirimkan bantuan kepada Pemerintah Libya.

Baca Juga: Kereta Cepat Whoosh Gratis Hingga Pertengahan Oktober 2023

“Melihat besarnya kerugian akibat dampak banjir tersebut, maka pemerintah Indonesia sebagai salah satu negara sahabat Libya turut serta meringankan penderitaan saudara2 kita di sana,” kata Sorni dalam pernyataan resminya.

“Bantuan ini adalah salah satu komitmen dari pemerintah Indonesia melalui nilai kemanuasiaan dalam ketahanan bencana. Penanggulangnan bencana adalah urusan bersama, perlu kolaborasi multipihak,” lanjutnya.

Dirinya menyebutkan, bencana banjir yang terjadi di Libya sebagai pengingat kepada Indonesia agar selalu meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi di mana saja.

Baca Juga: Update Medali Asian Games 2022: Indonesia Turun ke Posisi 13, China Pemuncak Klasemen

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x