Carbon Footprint: Kenali dan Pahami Cara Menghitungnya

- 26 November 2023, 13:23 WIB
Ilustrasi emisi gas rumah kaca.
Ilustrasi emisi gas rumah kaca. /

INDOBALINEWS – Tantangan perubahan iklim global terus mengalami inovasi terhadap cara mengatasinya. Setiap individu dan organisasi di dunia ditantang untuk ikut mengatasi perubahan iklim untuk masa depan.

Salah satu istilah yang sering di dengar pada konsep iklim global dan keberlanjutan adalah carbon footprint. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian sekaligus bagaimana cara menghitungnya.

Baca Juga: Viral di Medsos Nyamuk Wolbachia Lebih Bahaya Dibanding Covid 19, Benarkah? Cek Faktanya

Pengertian carbon footprint

Carbon footprint adalah istilah yang digunakan untuk mengukur jumlah total emisi gas rumah kaca, termasuk karbon dioksida, metana, dan nitrogen oksida yang dihasilkan oleh aktivitas manusia. Ini mencakup emisi langsung dari pembakaran bahan bakar fosil dan emisi yang diperlukan untuk memproduksi listrik terkait dengan barang dan jasa yang dikonsumsi. Jejak karbon setiap orang berbeda tergantung pada lokasi, kebiasaan, dan pilihan pribadi mereka.

Baca Juga: Liga Spanyol: Cadiz vs Real Madrid, Los Blancos Tanpa 7 Pemain, Toni Kroos dan Luca Modric Wajib Kerja Keras

Perhitungan carbon footprint

Carbon footprint dapat dihitung dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti caranya penggunaan listrik, transportasi, gaya hidup, dan aktivitas yang dilakukan. Ada beberapa cara unuk menghitung carbon footprint.

Alat yang paling umum dan mudah digunakan adalah dengan kalkulator online untuk carbon footprint. Salah satu website penyedia kalkulator carbon footprint adalah carbonfootprint.com dengan link berikut https://www.carbonfootprint.com/calculator.aspx

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x