Wisatawan Sumbang 64% Emisi Gas Rumah Kaca dari Total Emisi Bali

- 28 September 2023, 12:39 WIB
Ilustrasi dunia pariwisata Bali. Dok. KemBali Becik
Ilustrasi dunia pariwisata Bali. Dok. KemBali Becik /KemBali becik

INDOBALINEWS  - Bertepatan dengan World Tourism Day, KemBali Becik meluncurkan hasil survei emisi gas rumah kaca dari sektor pariwisata.

Temuan ini disampaikan di hadapan instansi pemerintah, pelaku bisnis, organisasi masyarakat atau komunitas, akademisi, dan pemangku kepentingan di Desa Potato Head Seminyak, Rabu 27 September 2023.

Baca Juga: Begini Manfaat Penggunaan Kendaraan Listrik, Termasuk Kurangi Emisi Karbon

Project Lead KemBali Becik Michelle Winowatan menjelaskan, survei ini menunjukkan emisi gas rumah kaca harian yang dihasilkan dari aktivitas wisata di Bali mencapai 0,02479 ton CO2 per orang per hari. Angka ini setara dengan 3.016 smartphones yang terisi daya. 

Diskusi saat penyampaian hasil survei oleh kemBali Becik di seminyak
Diskusi saat penyampaian hasil survei oleh kemBali Becik di seminyak Kembali Becik

Hasil survei ini juga menjelaskan, rata-rata wisatawan menghabiskan waktu sebanyak 14 hari di Bali dalam sekali kunjungan. Dari rata-rata kunjungan tersebut, emisi gas rumah kaca yang dihasilkan sebanyak 0.34709 ton CO2 per orang per kunjungan (14 hari) atau setara dengan 42.221 smartphones yang terisi daya.

Sementara itu, data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Bali di tahun 2022 menunjukkan, terdapat 10,2 juta wisatawan yang berkunjung ke Bali. Dari data tersebut berarti wisatawan di Bali menghasilkan 3,5 juta ton CO2 pada tahun 2022.

Baca Juga: Pemilahan Sampah di Rumah Bisa Berperan dalam Pengurangan Emisi Karbon

Total yang diproyeksikan emisi Bali pada tahun 2022 adalah sekitar 5,5 juta ton CO2 berdasarkan data dari Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah, Bappeda Provinsi Bali tahun 2022.

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x