Viral di Medsos Nyamuk Wolbachia Lebih Bahaya Dibanding Covid 19, Benarkah? Cek Faktanya

- 26 November 2023, 11:51 WIB
Ilustrasi. Nyamuk Wolbachia Disebar di Ujungberung Bandung, Pj Gubernur Jabar Minta Masyarakat Tak Takut./istimewa
Ilustrasi. Nyamuk Wolbachia Disebar di Ujungberung Bandung, Pj Gubernur Jabar Minta Masyarakat Tak Takut./istimewa /

INDOBALINEWS - Penyebaran nyamuk Wolbachia untuk menekan penularan demam berdarah dengue (DBD) di beberapa daerah masih menjadi kontroversi termasuk di Bali.

Pemahaman masyarakat akan manfaat dan efek penyebaran nyamuk ini masih beragam seiring sosialisasi yang masih terus diakukan. Kemenkes belum lama ini mengatakan menyebar nyamuk Wolbachia secara masif untuk menekan penularan demam berdarah dengue (DBD).

Kemenkes telah menebar jentik nyamuk dengan bakteri Wolbachia di lima kota endemis dengue sejak awal 2023. Penyebaran jentik nyamuk wolbachia dilakukan di Kota Semarang, Kota Bandung, Kota Jakarta Barat, kota Kupang, dan Kota Bontang.

Baca Juga: Liga Spanyol: Cadiz vs Real Madrid, Los Blancos Tanpa 7 Pemain, Toni Kroos dan Luca Modric Wajib Kerja Keras

Di sejumlah unggahan medsos juga banyak dibahas soal bahaya nyamuk ini yang belum tentu kebenarannya. 

Salah satunya adalah narasi di sebuah unggahan medsos Facebook bahwa nyamuk Wolbachia ini merupakan buatan individu elite global untuk menguasai dunia. Dalam unggahan tersebut juga dijelaskan kalau nyamuk Wolbachia ini lebih berbahaya dibanding pandemi COVID-19.

Baca Juga: Bali Tercatat Pernah 8 Kali Tsunami, Seorang Putra Bali Inovasi Ciptakan Alat Peringatan Dini Tsunami

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Nyamuk WOLBACHIA bikinan Elit Global yg ingin menguasai individu seluruh dunia ,ini akan jadi calon pandemi ke-2 .. SINGAPORE menolak di jadikan Bahan uji Coba ,kenapa Indonesia Mau saja ? Ya alloh apa mau membunuh rakyat Indonesia lagi ? Ini bahaya nya lebih dari covid-19. Bisa menyebab kan penyakit dalam. Sudah di sebarkan di semarang Jakbar Bandung...katanya untuk menanggulangj malaria, pdahal Indonesia sudah lama tidak punya malaria,,dan obatnya pun sudah di SEDIAKAN oleh Elit Global paramachy mau jualan obat lagi... Semoga keluarga kita selalu dalam lindungan ALLOH SWT,”

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x