Melonguane Kepulauan Talaud Sulut Diguncang Gempa M7,4 BMKG Imbau Warga Waspa Gempa Susulan

- 4 Desember 2023, 06:08 WIB
Ilustrasi Gempa.
Ilustrasi Gempa. /Pixabay/

INDOBALINEWS - Melonguane, Kepulauan Talaud Sulawesi Utara (Sulut), diguncang gempa M7,4 pada Senin 4 Desember 2023 dii hari pulul 02.48.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi itu berpusat di laut pada kedalaman 132 km di koordinat 12,61 lintang utara dan 127,40 bujur timur, atau tepatnya 960 km timur laut Melonguane.

BMKG mengimbau warga agar waspada terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Baca Juga: Viral di Medsos Pendaki Gunung Terjebak Erupsi Gunung Marapi Sumbar, BKSDA Upayakan Evakuasi

Sebelumnya BMKG) menyampaikan gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Laut Seram, Maluku dipicu aktivitas sesar naik Seram Utara (North Seram Thrust).

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar naik Seram Utara," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Minggu dilansir Antara.

Baca Juga: Liga 1: PSIS Semarang Gusur Bali United Usai Kalahkan PSS Sleman, Evan Dimas Hangatkan Bangku Cadangan

Ia mengemukakan, gempa yang terjadi pada pukul 09.39.57 WIB itu berpusat di laut pada koordinat 2,60 lintang selatan dan 129,53 bujur timur pada jarak 100 km arah timur laut Maluku Tengah di kedalaman 10 km. ***

Editor: Shira Ade

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x