Konjen Australia Tawarkan Kerjasama dengan Basarnas, Pastikan Keamanan Warganya saat Berlibur di Bali

- 11 Januari 2024, 15:25 WIB
Konje Australai berkunjung ke Basarna Bali Kami 11 Januari 2024 menwarkan kerjasama latihan penyelamatan.
Konje Australai berkunjung ke Basarna Bali Kami 11 Januari 2024 menwarkan kerjasama latihan penyelamatan. /Dok Basarnas Bali

INDOBALINEWS - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), I Nyoman Sidakarya, S.H. menerima kunjungan kerja dari Konsulat Jenderal Australia yang melingkup wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, Kamis 11 Januari 2024.

Pada kunjungan tersebut, pihaknya ingin berkoordinasi terkait situasi warga negara Australia dan memastikan keamanannya saat berwisata di Bali.

Di awal pembicaraan, H. E. Jo Stevens selaku Konjen Australia mengungkapkan bahwa pada umumnya warga negara Australia memiliki kemampuan berenang.

Baca Juga: Liga 1: Radja Nainggolan Nikmati Sensasi Makan di Warung Pinggir Jalan Bareng Pemain Bhayangkara FC

"Ketika krisis kami sangat membutuhkan Basarnas, meskipun kami tahu bahwa biasanya warga Australia mempunyai kemampuan berenang," ucapnya. Dijelaskan pula bahwa tercatat adanya kunjungan wisatawan dari Australia berjumlah 1,2 juta sejak bulan Januari hingga November 2023.

Sementara itu, hal serupa juga diungkapkan oleh I Nyoman Sidakarya, S.H., dari rekap kejadian darurat yang korbannya adalah warga negara asing, tidak ada korban dari warga negara Australia.

Baca Juga: Formasi NTB: Banyak Makelar Kasus, Sidang Korupsi Mantan Wali Kota Bima Harus Dikawal Ketat

"Basarnas menangani kondisi darurat yakni kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, bencana, kondisi membahayakan jiwa manusia dan kecelakaan dengan penanganan khusus, dan tahun ini nihil korban dari Australia," jelasnya.

Setelah pertemuan ini, Jo Steven sangat mengapresiasi dan semakin percaya bahwa warganya aman dan apabila terjadi sesuatu akan mendapatkan penanganan yang profesional dari Basarnas, dan ia juga berharap dibukakan peluang untuk terlibat dalam latihan ataupun simulasi penanganan pencarian dan pertolongan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x