Pilpres Satu Putaran Sudah di Depan Mata? Prabowo Gibran Ungguli Hasil Quick Count Sementara

- 14 Februari 2024, 18:01 WIB
Capres Prabowo. Potensi Pilpres Satu putaran diprediksi bakal terwujud  jika merujuk pada hasil quick count sementara beberapa lembaga survei.
Capres Prabowo. Potensi Pilpres Satu putaran diprediksi bakal terwujud jika merujuk pada hasil quick count sementara beberapa lembaga survei. /kemhan.go.id

INDOBALINEWS - Harapan pilpres satu putaran sudah di depan mata, akankah segera terwujud? Sejumlah fakta memang menyebutkan bahwa pilpres hanya 1 putaran banyak keuntungannya terutama dari segi anggaran.

Dilansir dari pernyataan resminya sebelum pencoblosan 14 Februari 2024 Ketua Umum Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas), Anggawira mengatakan banyak keuntungan bagi Indonesia jika pemilihan presiden (Pilpres) berlangsung dalam satu putaran.

Pertama, dari segi perekonomian, pemerintah dapat menghemat anggaran negara sebesar Rp17 triliun untuk KPU dan Rp10 triliun untuk pendukung keamanan serta biaya-biaya lainnya.

Baca Juga: Pungutan Wisman Resmi Berlaku, 90% Lebih Pakai Kartu Kredit di Aplikasi Love Bali

Keuntungan ekonomi lainnya adalah dapat mencegah instabilitas politik dan kemandekan ekonomi, terutama dalam hal investasi.

"Tentunya ada banyak keuntungan dari pelaksanaan Pilpres dalam satu putaran. Selain dari aspek fiskal yang saya sebut, manfaat lainnya adalah menghindari ketegangan ideologis yang dapat mempolitisasi agama," kata Anggawira dalam keterangan tertulisnya di awal Januari lalu yang dilansir dari sejumlah media.

Saat ini posisi sementara pasangan nomor urut 2 masih di atas 2 pasangan lainnya. Sementara syarat menang Pilpres satu putaran adalah ketika ada pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang memperoleh suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara Pemilu dengan 20 persen suara di setiap provinsi.

Baca Juga: RB Leipzig vs Real Madrid, Babak 16 Besar Liga Champions, Tayang Jam Berapa dan Live di TV Mana?

Prediksi satu putaran ini menurut Communication Specialist KedaiKOPI, Rossi Rahardjo memang memungkinkan jika merujuk dari hasil hitung cepat atau quick count dari lembaga survei KedaiKOPI.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x