Ini Klarifikasi Ketua KPU Soal Isu Manipulasi Penghitungan Suara, Masyarakat Bisa Ikut Memantau

- 16 Februari 2024, 09:30 WIB
Ketua KPU RI Hasyim Ashari saat konferensi pers KPU bersama Bawaslu pada Kamis, 15 Februari 2024
Ketua KPU RI Hasyim Ashari saat konferensi pers KPU bersama Bawaslu pada Kamis, 15 Februari 2024 /Tangkap layar YouTube KPU RI

INDOBALINEWS - Sejumlah isu dugaan kecurangan terkait hasil pencoblosan PEmilu 2024 yang digelar 14 Februari 2024 dilemparkan sejumlah pihak, sementara perolehan terbanyak Pilpres masih dipimpin Prabowo.

Salah satu isu yang berkembang di masyarakat adalah tudingan KPU memanipulasi data hasil penghitungan suara. 

Menyikapi hal itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menegaskan tak ada niat untuk memanipulasi Formulir Model C1-Plano atau catatan hasil penghitungan suara Pemilu 2024 pada Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Baca Juga: Liga 1 Pekan ke-25: Jelang Laga Bali United vs PSM Makassar, Teco Bidik 3 Poin Tambahan

"Tidak ada niat manipulasi, tidak ada niat untuk mengubah hasil suara karena pada dasarnya Formulir C1 Hasil Plano diunggah apa adanya," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis 15 Februari 2024 dilansir dari Antara.

Dijelaskan pula bahwa bahwa Formulir Model C1-Plano yang diunggah oleh petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) itu dapat dimonitor dan disaksikan bersama-sama.

Sementara itu, Hasyim menyampaikan publikasi Sirekap pada hari ini per pukul 15.30.23 WIB, progresnya adalah yang sudah diunggah 358.775 dari 823.236 TPS atau setara dengan 43,58 persen.

Baca Juga: Ini Link Real Count KPU Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024

Hasyim menegaskan bahwa KPU akan terus mengunggah Formulir Model C1-Plano agar masyarakat terus mengetahui sampai batas akhir.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x