Ayo Latih Kesiapsiagaan Bencana Melalui Chatbot AI

- 7 Mei 2024, 18:10 WIB
ilustrasi latihan kesiapsiagaan bencana melalui Chatbot AI.
ilustrasi latihan kesiapsiagaan bencana melalui Chatbot AI. /Dok Humas BNPB

INDOBALINEWS -  ada Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh pada 26 April lalu, masyarakat berkesempatan untuk menggunakan perangkat artificial intelligent (AI) atau kecerdasan buatan.

Lebih dari 75 organisasi di seluruh Indonesia mempraktikkan untuk melatih kesiapsiagaan komunitas.

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat silam (26/4) ini diinisiasi oleh Yayasan Peta Bencana yang didukung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam bentuk kompetisi simulasi pelaporan bencana secara real time dengan chatbot kemanusiaan Indonesia, BencanaBot.

Baca Juga: Jadwal Tahapan Pilkada Serentak 2024

Kompetisi diikuti lebih dari 75 organisasi, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), lembaga swadaya masyarakat, sekolah dan perusahaan di seluruh Indonesia. Kegiatan ini berlangsung serentak yang bertepatan dengan HKB 26 April.

Kompetisi tersebut dimulai dengan pembuatan mural bertema bencana di lingkungan para peserta. Setelah itu, setiap organisasi mengundang warga atau komunitas sekitar untuk swafoto dengan mural yang tersedia. Setelah itu, mereka berbagi informasi dengan BencanaBot.

Bot adalah chatbot online - yang kini telah terintegrasi dengan WhatsApp, Telegram, Twitter, dan Facebook - yang dapat menjangkau penduduk di daerah terdampak bencana dan membantu mereka mengirimkan laporan bencana secara real-time.

Baca Juga: Wisawatan Domestik yang Terseret Arus di Pantai Legian Sejak 3 Hari Lalu, Ditemukan

PetaBencana.id menerima lebih dari 8.010 laporan simulasi per 26 April 2023 ketika berbagai organisasi berlomba-lomba untuk melatih jutaan anggota masyarakat tentang berbagi informasi bencana secara real-time.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah