Indonesia 5 Besar Negara dengan Penduduk Menderita Gangguan Penglihatan Terbanyak

- 1 Oktober 2022, 21:11 WIB
Ilustrasi mata.
Ilustrasi mata. /Pixabay/Tobias Dahlberg /

INDOBALINEWS - Provinsi Bali menjadi daerah pertama yang angka prevelansi kebutaannya paling rendah.

Sejak tahun 2020, Bali mencatat jumlah penduduk yang mengalami gangguan penglihatan atau buta sebanyak 0,3 % dari jumlah penduduk secara keseluruhan.

Namun begitu Indonesia masuk ke dalam lima (5) negara dengan jumlah penduduk yang mengalami gangguan penglihatan terbanyak selain China, India, Pakistan dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Musim Hujan, Waspada Pohon Tumbang

Hal itu mengemuka saat acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Ikatan Perawat Mata Indonesia (IKPAMI) VI Tahun 2022, Di Prama Hotel Sanur Beach Bali, Sabtu 1 Oktober 2022.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Putri Koster yang juga menjabat sebagai Pembina Tim Penanggulangan Gangguan Penglihatan dan Kebutaan Provinsi Bali mengatakanp enyebab gangguan penglihatan atau kebutaan yang tertinggi di Indonesia adalah katarak, trakoma (infeksi pada mata), amblyopia (mata malas) dan glaukoma.

Baca Juga: Link Live Streaming Napoli vs Torino, Pekan 8 Liga Italia Serie A

"Oleh sebab itu, kita semua harus sadar bahwa Indonesia masuk ke dalam lima (5) negara dengan jumlah penduduk yang mengalami gangguan penglihatan terbanyak selain China, India, Pakistan dan Amerika Serikat," ujar Putri Koster dalam pernyataan resminya.

Lebih lanjut dikatakannya sejalan dengan pembangunan kesehatan mata yang dicanangkan oleh pemerintah, Ikatan Perawat Mata Indonesia (IKPAMI) sangat konsen untuk menurunkan prevalensi kebutaan di tahun 2030.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x