Sawer Nite dari Komunitas Pojok Menjelang 'Bali Yang Binal', Cek Tanggal Penyelenggaraannya

- 30 April 2021, 20:28 WIB
Mural karya seniman dalam acara Komunitas Pojok
Mural karya seniman dalam acara Komunitas Pojok /Dok KOmunitas Pojok

INDOBALINEWS - Komunitas Pojok menggelar SawerNite untuk mengawali gelaran acara 'Bali Yang Binal'. Sawer Nite adalah kegiatan penggalangan dana secara swadaya melalui penjualan karya dari para seniman yang mendukung kegiatan ini.

Dalam SawerNite yang dimulai Minggu 2 Mei Hingga Sabtu 8 Mei 2021 di Jl. Sedap Malam, Kesiman, Denpasar akan diwarnai dengan pemutaran film dan diskusi serta ditutup dengan lelang karya.

Menurut Wahyu anggota Komunitas Pojok seluruh dana yang terkumpul nantinya akan digunakan sepenuhnya untuk pelaksanaan Bali Yang Binal #9.  "Beberapa waktu setelah SawerNite, kami akan mengadakan mural jamming, sebagai pemanasan sebelum menginjak acara utama," ujar Wahyu.

Baca Juga: Korban Tewas Festival Api Unggun di Israel Capai 44 Orang, Seratusan Orang Luka

Dijelaskannya juga bahwa ditengah kondisi pandemi ini, membuat festival yang sudah berumur lumayan panjang tentu menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu Komunitas Pojok berupaya membuat kegiatan yang seminimal mungkin agar tidak membuat kerumunan.

Bali Yang Binal merupakan acara dua tahunan yang sudah digelar oleh Komunitas Pojok. Berawal di medio 2005 ketika Bali Biennalle digelar. Bali Yang Binal merupakan sebuah respon terhadap pelaksanaan Bali Biennalle yang dirasa sarat nepotisme.

Baca Juga: Kasus Penistaan Agama Desak Made, Tim Advokasi Pelapor di Bali Tunggu Koordinasi Polda dan Mabes

Bali Biennalle yang menjadi sasaran kritik itu sendiri akhirnya hanya berumur setahun saja. Sedangkan Bali Yang Binal yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali bisa terus bertransformasi hingga kini memasuki edisinya yang ke-9.

Seiring waktu, media berkarya yang digunakan pun mengalami perubahan, dari pameran-pameran konvensional di awal-awal berdirinya hingga kini mengambil mural sebagai media yang dianggap Komunitas Pojok efektif dan mampu mengembalikan seni pada penikmatnya yang utama yaitu masyarakat atau publik.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x