Lagi, 3 Warisan Budaya Indonesia Diusulkan Jadi Warisan Budaya Unesco

- 6 Mei 2024, 21:05 WIB
Ilustrasi Reog Ponorogo salah satu dari 3 seni budaya Indonesia yang diusulkan jadi Warisan Budaya Unesco.
Ilustrasi Reog Ponorogo salah satu dari 3 seni budaya Indonesia yang diusulkan jadi Warisan Budaya Unesco. /PRMN

 

INDOBALINEWS - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengusulkan tiga warisan budaya Indonesia menjadi warisan budaya Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO).

Ketiganya adalah kesenian Reog asal Ponorogo, Jawa Timur, alat musik tradisional Kolintang dari Sulawesi Utara, dan pakaian tradisional kebaya.

Hal itu dikatakan oleh Asisten Deputi Pemajuan dan Pelestarian Budaya Kemenko PMK, Andre Notohamijoyo bahwa usulan itu telah dibahas oleh Unesco.

Baca Juga: Korban Kedua yang Terseret Arus Pantai Saba Gianyar Akhirnya Ditemukan

"Ada tiga warisan budaya yang diusulkan Indonesia dan telah dibahas di tahun 2024. Saat ini kita masih menunggu keputusan UNESCO. Pertama, Reog Ponorogo, kedua, Kolintang, ini pengajuan bersama dengan alat musik dari Afrika, lalu ketiga, kebaya," ujar Andre Notohamijoyo pada temu media di Jakarta, Senin 6 Mei 2024 seperti dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan kebaya diajukan bersamaan (join nomination) dengan empat negara lain, yakni Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand.

"Nah, join nomination ini ditambah dengan Reog dan Kolintang. Tiga ini yang saat ini jadi target capaian Indonesia di UNESCO, kita harap keputusannya melalui komite warisan dunia (world heritage comitee)," katanya.

Baca Juga: Update Tewasnya Taruna STIP: Keluarga Putu Satria Berharap Kasus Tak Mandek Setelah Viral

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah