Upacara Aci Pakelem Hulu Teben di Panca Sagara, Berdoa Covid Segera Berakhir

- 8 Agustus 2021, 19:32 WIB
 Upacara Aci Pakelem Hulu-Teben di Panca Sagara secara serentak pada hari Sabtu 7 Agustus 2021.
Upacara Aci Pakelem Hulu-Teben di Panca Sagara secara serentak pada hari Sabtu 7 Agustus 2021. /Dok Humas Pemprov Bali

 

INDOBALINEWS - Gubernur Bali, Wayan Koster melaksanakan Upacara Aci Pakelem Hulu-Teben di Panca Sagara secara serentak pada hari Sabtu 7 Agustus 2021.

Upacara bhakti Aci Pakelem dilaksanakan sebagai wujud implementasi dari visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali dengan upacara Segara Kertih dan Dhanu Kertih

Upacara ini bertepatan dengan Purwani Tilem Bhadrawada/Sasih Karo, tanggal 7 Agustus 2021 mulai Pukul 08.00 Wita dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan secara ketat dan penuh disiplin.

Baca Juga: Para Penyintas Tak Hanya Merasakan Long Covid Saja, Tapi Juga Dampak Sosial

Acara ini didukung penuh oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali dan Majelis Desa Adat beserta jajaran di masing-masing tingkat Kabupaten dan Kecamatan, serta Desa Adat setempat.

"Tujuan mulia digelarnya upacara ini adalah untukmemohon kepada Hyang Widhi Wasa maraga Ida Bhatara Baruna agar saluwiring lara merana gering agung COVID-19 cepat dikembalikan ke asalnya, beserta dampak yang menyertainya segera diakhiri," demikian seperti yang dikutip dari pernyataan resmi Gubernur Bali yang diterima redaksi Minggu 8 Agustus 2021.

Baca Juga: PHRI Ajak Semua Pihak Dukung Upaya Pemerintah Tangani Pandemi Covid

Sehingga tatanan kehidupan Krama Bali bisa berjalan normal kembali. Selain itu juga  dimohon kepada Hyang Widhi Wasa maraga Hyang Siwa Tiga (Siwa Agni, Siwa Pasupati, Siwa Amerta/Ider Bhuwana/Panyejeg Jagat/Paneduh Bhumi) agar Beliau ledang arsa ngadegin saat Murddhaning Jagat Bali ngaturang Aci Pakelem ring Panca Sagara dan Ida Bhatara Baruna ledang arsa sweca menghindarkan Bali dari bencana alam dahsyat, seperti tsunami, sehingga Alam, Krama, dan Kebudayaan Bali tetap rajeg.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x