Sidang Tahunan MPR: Ridwal Kamil Apresiasi Presiden Jokowi yang Pakai Busana Adat Badui

- 16 Agustus 2021, 12:48 WIB
Presiden Jokowi mengenakan baja adat Suku Baduy Jawa Barat saat menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta pada Senin, 16 Agustus 2021
Presiden Jokowi mengenakan baja adat Suku Baduy Jawa Barat saat menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta pada Senin, 16 Agustus 2021 /Twitter @Jokowi

 

INDOBALINEWS- Keragaman budaya Indonesia selalu ditampilkan Presiden Jokowi saat  Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI. 

Jika tahun lalu 2020 Presiden Jokowi tampil dengan baju adat Sabu dari NTT, kali ini giliran busana Adat Badui Jawa Barat.

Seperti biasanya juga, Presiden Jokowi tak hanya memakai busananya saja tetapi dilengkapi dengan pernik-pernik penunjang busana adat, semisal penutup kepala, sepatu dan selendang. Tahun lalu Jokowi memakai selendang dengan motif khusus. Selain itu Jokowi juga memakai sarung yang juga menjadi ciri khas baju Sabu.

Baca Juga: Saat Youtuber Atta Halilintar Bertemu Sandiaga Uno Bahas 'This is Indonesia'

 

Hari ini 16 Agustus 2021 Presiden Indonesia Joko Widodo hadir dalam balutan busana adat Badui. Busananya yaitu iket dan pangsi lengkap dengan pernak pernik seperti tas dan alas kaki.

Makna dari kata iket itu adalah bentuk iket yang berbeda bukan melambangkan kasta, kedudukan, atau status sosial di masyarakat tetapi menunjukan fungsi pekerjaan si pemakai. Seperti yang dikutip dari galeri-ikat.com,  karena di Tatar Sunda tidak dikenal kasta tetapi sejajar sesuai dengan istilah Padjadjaran (Pajajaran) yang mengandung arti "sejajar" atau "kesejajaran".

Baca Juga: Pidato Presiden Jokowi: Rakyat Menunggu Gebrakan Extraordinary Penanggulangan Covid, Kata Pengamat

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Dari berbagai sumber, PRMN, VIU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x