Varian Baru Masuk Bali dan Jakarta, Menkes Sudah Lapor Presiden Jokowi

- 4 Mei 2021, 08:53 WIB
  Ilustrasi varian baru virus corona yang sudah masuk Indonesia, di Bali dan Jakarta
Ilustrasi varian baru virus corona yang sudah masuk Indonesia, di Bali dan Jakarta /ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

 

INDOBALINEWS - Bali menjadi salah satu daerah yang telah kemasukan tiga varian baru virus corona. Jenis varian baru masuk Bali diketahui berasal dari Afrika Selatan, sedangkan varian lainnya dari India dan Inggris ada di Jakarta.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden Senin 3 Mei 2021. Ia juga mengatakan ketiga varian baru yang sudah masuk Indonesia itu sudah dilaporkan kepada Presiden Jokowi.

"Jadi, selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, sudah ada dua mutasi dari India masuk dan satu mutasi dari Afrika Selatan," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: Mayat Orok Tergeletak di Atas Batu Aliran Sungai Bendungan, Dikira Boneka Oleh Pemancing

Sehingga keseluruhan mutasi tersebut berjumlah 16 insiden dari 3 negara, Inggris, India dan Afrika Selatan.

"Tadi juga sudah dilaporkan ke Bapak Presiden, yaitu sudah ada mutasi baru (virus corona) yang masuk, yaitu mutasi dari India ada dua insiden yang sudah kita lihat dan dua-duanya di Jakarta, dan satu insiden dari Afrika Selatan itu ada di Bali," imbuh Budi.

Virus corona yang sudah mengalami mutasi di Inggris disebut varian B117, varian virus corona dari India dinamai B1617, dan varian virus corona dari Afrika Selatan disebut B1351.

Baca Juga: Sate Beracun Salah Sasaran yang Dikirim, Bermotif Sakit Hati Karena Ditinggal Menikah

Varian baru virus corona tersebut, menurut Budi, masuk dalam kategori variant of concern, varian virus baru yang menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x